TribunBatam/

Dukung Gerakan Masyarakat Sehat, BPJS Kesehatan Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya.

Dukung Gerakan Masyarakat Sehat, BPJS Kesehatan Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks
dok. BPJS Kesehatan
Sosialisasi dan pemeriksaan dini kanker serviks di PT JMS Batamindo, Mukakuning, Batam dalam rangka Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks bagi peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia. Kegiatan ini digelar mulai tanggal 13 Juli sampai 31Juli 2017 dalam rangka Gerakan Masyarakat Sehat dan peringatan HUT ke-49 BPJS Kesehatan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - BPJS Kesehatan mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gemas) yang berfokus pada upaya promotif preventif, terutama terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Nah, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 BPJS Kesehatan, lembaga penyelenggara JKN-KIS ini akan menyelenggarakan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks bagi peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia.

Pemeriksaan dini kanker serviks ini digelar mulai tanggal 13 Juli sampai 31Juli 2017.

Di Batam, kegiatan ini dilakukan di PT JMS Batamindo, diawali sosialisasi kanker serviks dan pemeriksaan IVA bagi pekerja wanita.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 70 orang pekerja wanita PT JMS Batamindo.

Berdasarkan data peserta BPJS Kesehatan secara nasional tahun 2016, jumlah kasus kanker serviks di tingkat pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar.

Sementara di tingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp 87,1 miliar.

Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan menyediakan jaminan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

Baca: Penting! Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Halaman
123
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help