KARIMUN TERKINI

Bupati Carikan Peluang Kerja di Subcon Bagi Korban PHK Saipem

Rafiq mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan agar anak-anak Karimun, khususnya asal Desa Pangke dapat bekerja di subcon PT SIKB.

Bupati Carikan Peluang Kerja di Subcon Bagi Korban PHK Saipem
tribunbatam/elhadif putra
Suasana demo warga Pangke ke Saipem Karimun 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq meminta kepada warga khususnya pekerja PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) asal Karimun yang terkena imbas PHK besar-besaran perusahaan instalasi lepas pantai (offshore) asal Italia itu, untuk menahan diri dan tidak bertindak anarkis.

“Silakan sampaikan aspirasi tapi jangan anarkis, jangan paksakan kehendak karena Saipem sekarang kondisinya memang sedang menurun efek sepinya omzet pekerjaan proyek. Pada saat Saipem kondisinya sangat baik, hampir seluruh tenaga kerja lokal, khususnya (Desa) Pangke itu dapat tertampung. Pada saat seperti ini, mereka juga harus memahami,” kata Rafiq kepada Tribun Batam, Sabtu (15/7/2017).

Rafiq juga mengatakan saat ini pihaknya dalam hal ini Disnaker dan Industri Karimun tengah mengupayakan agar anak-anak Karimun, khususnya asal Desa Pangke, lokasi berdirinya PT SIKB, dapat bekerja di subcon yang memiliki ikatan kontrak dengan PT SIKB.

Baca: Meski Tersedia Tenda, Korban Kebakaran Pilih Mengungsi di Rumah Saudara

Baca: BERSIAPLAH. Besok Listrik Mati Empat Jam di Karimun. Catat Lokasi dan Jadwalnya

Baca: Resmikan Pengobatan Gratis, Aunur Rafiq Ikut Cek Kesehatan

“Sudah dipertemukan, subcon itu yang memiliki ikatan kerja dengan Saipem, bagaimana teknisnya nanti bisa ditanyakan ke Disnaker dan Industri. Laporan yang masuk ke saya seperti itu,” kata Rafiq.

Rafiq juga mengaku dirinya sudah bertemu dengan Manager dan Publik Relation PT SIKB. Kepada mereka, Rafiq menyampaikan untuk memininalisir pengurangan tenaga-tenaga kerja lokal, sesuai kebutuhan.

“Memang tidak terhindar tapi kita harus berpikiran jernih, apabila perusahaan dipaksakan mempekerjakan, sementara tidak sanggup membayar gaji. Perusahaan mana yang mampu? Sekarang bagaimana tawaran untuk bekerja di subcon itu dapat diterima, nanti ada pekerjaan akan bisa dipanggil kembali,” terangnya. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak Minggu, 15 Juli 2017

Tags
saipem
PHK
Penulis: Rachta Yahya
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help