TribunBatam/

Tiga Hal Ini Bisa Jadi Tanda Gigi Geraham Bungsu Harus Dicabut

Tumbuhnya gigi ini sering bermasalah, karena tumbuh saat pertumbuhan rahang sudah berhenti dan tidak menyisakan ruang cukup bagi gerahaham bungsu.

Tiga Hal Ini Bisa Jadi Tanda Gigi Geraham Bungsu Harus Dicabut
google plus
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Gigi geraham bungsu atau wisdom teeth kerap tumbuh dengan posisi yang tidak sempurna, sehingga perlu diambil tindakan operasi untuk mencabutnya dan mencegah komplikasi yang lebih parah.

Gigi geraham bungsu sendiri tumbuh saat kita berumur 17-21 tahun. Tumbuhnya gigi ini sering menjadi masalah, karena tumbuh pada saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti dan tidak menyisakan ruang cukup bagi geraham bungsu.

Karena tidak ada ruang cukup, maka pertumbuhan gigi bungsu itu akan mendorong susunan gigi lain. Sakit yang ditimbulkan karena pertumbuhan gigi geraham bungsu ini bisa muncul sesudah gigi geraham bungsu tumbuh.

Menurut drg. Wishwa Eri Dewi, Sp.KG., spesialis konservasi gigi dari RS Jogjakarta International Hospital, sebenarnya gigi geraham bungsu tak perlu dicabut. “Tergantung posisi tumbuhnya,” jelasnya pada NOVA.id.

Baca: Ingin Makan Buah Asam Tapi Punya Maag, Begini Syaratnya!

Baca: WOW, Pedagang Perantara Beras Nikmati Untung Rp 186 Trilun Setahun, KPPU Bakal Bertindak

Baca: Cegah Paham Radikal, Ini Usulan Sistem Kurikulum Tepat Menurut Menteri Sosial

Bila gigi geraham bungsu tumbuh pada lengkung gigi yang benar dan tumbuh tegak sempurna serta tak ada gangguan, maka tak perlu dicabut. Namun, bila ditemukan gangguan saat pertumbuhan, maka gigi tersebut sebaiknya dicabut.

Tindakan pencabutan gigi geraham bungsu sendiri akan diambil bila terjadi bermacam-macam masalah.

Tiga di antaranya berupa infeksi pada gusi karena adanya kotoran pada geraham bungsu. Kemudian gigi berjejal sehingga mendorong dan mengubah posisi gigi-gigi yang di depannya. Dan kondisi gigi berlubang karena posisi gigi geraham bungsu yang sulit dibersihkan. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Nova.grid.id dengan judul : Kapan Gigi Geraham Bungsu Harus Dicabut? Kenali 3 Tandanya

Tags
gigi
sakit
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help