Sebaiknya Anda Tahu

Heboh! Studi Baru Ungkap Adanya Planet Misterius di Tepian Tata Surya. Ini Detailnya!

Heboh! Studi Baru Ungkap Adanya Planet Misterius di Tepian Tata Surya. Ini Detailnya!

Heboh! Studi Baru Ungkap Adanya Planet Misterius di Tepian Tata Surya. Ini Detailnya!
Caltech/R. Hurt (IPAC)
Ilustrasi Planet Nine yang berukuran seperti Neptunus 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Selama bertahun-tahun lamanya, para ilmuwan telah memperdebatkan adanya sebuah planet yang belum diketahui di tepian tata surya kita. Tampaknya, dugaan tersebut memang benar.

Baca: Bikin Merinding! Jasad 7 Tokoh Ini Digali Kembali Setelah Meninggal, Ini Alasannya!

Baca: Cantiknya! Antar Anak ke Sekolah, Gaya Berbusana Dian Sastro Tiba-tiba Heboh!

Baca: Terungkap! Inilah Nama Samaran Artis Hollywood Saat Menginap di Hotel, Berikut Daftarnya!

Hasil analisis dari dua astronom di Complutense University of Madrid yang dipublikasikan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society menunjukkan adanya planet ke sembilan (Planet Nine) di belakang Pluto.

Namun, planet tersebut terlalu jauh untuk diamati secara langsung sehingga para peneliti pun harus menggunakan data lain untuk mencari tahu.

Mereka mengamati 28 obyek trans Neptunus ekstrim (ETNO) di sabuk Kuiper yang mengorbit matahari dalam jarak 150 AU(satu AU adalah jarak antara bumi ke matahari atau sekitar 150 juta kilometer) atau lebih dan tidak pernah mendekati Neptunus yang berada sekitar 30 AU dari matahari.

Secara spesifik, para peneliti mengamati node dari ETNO, yakni dua titik di mana orbit sebuah obyek melewati bidang tata surya.

“Jika tidak ada yang menganggu mereka, node dari ETNO seharusnya terdistribusi secara merata karena mereka tidak perlu menghindari apa pun,” kata Carlos de la Fuente Marcos, salah satu penulis studi.

Namun, para peneliti menemukan bahwa node dari ke-28 ETNO tampak terkumpul pada jarak tertentu dari matahari. Selain itu, mereka juga menemukan korelasi di antara posisi node dan kemiringannya.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved