TribunBatam/

Ikan Laut di Sejumlah Daerah di Indonesia Mulai Makan Plastik. Ini Sebabnya

Hasil riset bersama dengan University of California Davis ditemukan, 28% dari sampel ikan di pasar tradisional di Makassar makan plastik.

Ikan Laut di Sejumlah Daerah di Indonesia Mulai Makan Plastik. Ini Sebabnya
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno mengingatkan agar anggota Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menyadari ancaman yang disebabkan oleh sampah plastik laut terhadap keberlangsungan hidup manusia.

Hal tersebut dia sampaikan saat berbicara dalam forum pertemuan Kaukus AIPA ke-9 di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Dalam forum Havas menyebutkan ada tiga ancaman utama di perairan secara global. Yang pertama ancaman tradisional yang disebabkan oleh kegiatan penangkapan ikan yang masif dan serampangan.

Yang kedua ancaman kriminal merupakan ancaman yang berupa penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan orang, penyelundupan senjata maupun narkoba.

Lalu ancaman ketiga adalah ancaman yang berasal dari alam namun sebenarnya juga disebabkan oleh ulah manusia yang terkait dengan kondisi perubahan iklim.

“Ancaman ini dulu tidak kita temukan atau tidak kita sadari yakni pemutihan karang dan naiknya permukaan air laut,” ujar Havas pada keterangan tertulisnya, Selasa (18/7/2017).

Baca: Pesta Narkoba, Tujuh Artis Perempuan Ini Ikut Dibekuk Polisi Bersama Pretty Asmara

Baca: Tes Urine Tujuh Artis Positif, Begini Kronologi Penggerebekan Artis Pesta Narkoba

Baca: Usai Gelar Perkara, Anak Jeremy Thomas Ditetapkan Tersangka Kasus Narkoba

Naiknya permukaan air laut disebutnya, menyebabkan hilangnya permukaan tanah selebar 500 meter sehingga lebih dari 150 rumah di pinggir pantai di sebelah utara Pulau Jawa hilang. Masalah berkurangnya luasan lahan di kawasan pesisir akibat naiknya permukaan air laut.

Halaman
12
Tags
ikan
sampah
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help