Urus Izin Harus Cepat, Jokowi : Hitungannya Cuma Jam, Cuma Hari

Jokowi menegaskan, melalui sistem teknologi informasi mengurus perizinan seharusnya bisa dilakukan dalam waktu sinkat dan cepat.

Urus Izin Harus Cepat, Jokowi : Hitungannya Cuma Jam, Cuma Hari
Wartawan Tribunnews.com, Nicolas Manafe
Presiden Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mempertanyakan kepemimpinan para Bupati di Indonesia. Hal itu terkait masih adanya keluhan lambannya pengurusan perizinan di tingkat pemerintah kabupaten.

"Saya masih dengar, misalnya izin di daerah masih berbulan-bulan. Ini bupatinya ngerti perubahan atau tidak?" ujar Jokowi dalam pembukaan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (19/7/2017).

Jokowi menegaskan, melalui sistem teknologi informasi yang kini sudah dapat dengan mudah diaplikasi, mengurus perizinan bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

"Hitungannya cuma jam, cuma hari. Tapi tidak lebih dari tujuh hari. Itu seminggu namanya," ujar dia.

Baca: Meski Posisi Lemah Hadapi Perppu, HTI Akan Tetap Gugat Pemerintah ke PTUN

Baca: Butuh Kerja? Cek Tawaran Kerja Sejumlah Perusahaan Berikut Ini

Baca: Wajib Tahu! Empat Rahasia Tingkatkan Omzet Usaha

Jokowi mengingatkan bahwa dunia berubah dengan cepat. Jika pemerintah pusat dan daerah tak mampu mengantisipasi perubahan tersebut, maka Indonesia dipastikan tertinggal dari negara lain.

"Oleh sebab itu jangan lagi kita bicara masalah bagaimana kita menyiapkan perizinan yang cepat. Itu harusnya sudah tidak kita bicarakan lagi. Itu sudah wajib harus ada," ujar dia.

Pejabat di daerah diminta menghindari rutinitas, kerja monoton dan linear demi menyongsong perubahan global. Pemerintah, baik pusat dan daerah, harus melakukan terobosan. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul : Jokowi: Ini Bupatinya "Ngerti" Perubahan atau Tidak?

Tags
Jokowi
izin
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved