Sepeda Motor Bebek Semakin Ditinggalkan, Benarkah Ini Pemicunya?

Sepeda Motor Bebek Semakin Ditinggalkan, Benarkah Ini Pemicunya? Simak Baik-baik Penjelasannya!

Sepeda Motor Bebek Semakin Ditinggalkan, Benarkah Ini Pemicunya?
AHM
Tampilan baru Supra X 125 FI 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Meski masih belum benar-benar hilang peminatnya, segmen motor bebek di bawah 125 cc mengalami penurunan cukup dalam di enam bulan pertama tahun ini, minus 25,20 persen.

Baca: Anda Pemuja Smartphone? Graham Bell Ramalkan Smartphone Segera Punah. Ngeri Ini Gantinya!

Baca: Mengejutkan! 100 Tahun Lalu Alexander Graham Bell Ramalkan Ini, Terbukti pada 2017!

Baca: Bikin Merinding! Jasad 7 Tokoh Ini Digali Kembali Setelah Meninggal, Ini Alasannya!

Baca: Ehem! 5 Aktris Ini Usianya Tua Tapi Bikin Brondong Deg-degan, Nomor 5 Paling Berdesir!

Mengutip data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), total distribusi bebek hanya 180.715 unit pada semester pertama 2017. Sementara perolehan tahun lalu, masih ada di atas 240.000-an. Honda masih jadi penyumbang penjualan tertinggi, melalui Revo, Supra X dan Blade.

“Untuk segmen sepeda motor bebek di bawah 125cc, kontribusinya kurang lebih hanya 4 persen sampai 5 persen dari total pasar. Pencapaiannya menurun sekitar 15 persen hingga 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM kepada KompasOtomotif, Selasa (18/7/2017).

Soal masa depan segmen ini, Thomas mengatakan kalau bebek di bawah 125cc masih tetap terus bertahan. Namun, kontribusinya terhadap total pasar hanya akan ada di kisaran 3 persen sampai 5 persen.

“Untuk motor bebek di bawah 125cc secara volume masih besar di area Jawa. Segmen ini masih akan bertahan secara kontribusi di kisaran 3 persenan, dan ditujukan untuk konsumen yang fokus kepada fungsionalitas, keiritan dan operasional,” ujar Thomas.

Selain Honda, merek yang masih bertahan berjualan bebek yaitu Yamaha dengan Jupiter Z (dan Vega-nya. Kemudia Suzuki mengandalkan Smash, diikuti dua produk TVS, NXR 110, dan RP 125. (*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sepeda Motor Bebek Semakin Ditinggalkan

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help