BREAKINGNEWS: Mabuk Obat Batuk Hantui Anambas, LAM Keluarkan Pernyataan Tegas!

Mabuk Obat Batuk Hantui Anambas, LAM Keluarkan Pernyataan Tegas! Penyebaran Sudah ke Desa-desa Kecamatan Siantan!

BREAKINGNEWS: Mabuk Obat Batuk Hantui Anambas, LAM Keluarkan Pernyataan Tegas!
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Personel Satpol PP Kabupaten Kepulauan Anambas saat mengamankan obat batuk dalam kemasan‎ dalam jumlah berlebih di sebuah tas pelajar yang kedapatan berada di kedai kopi saat jam belajar 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-Masih ditemukannya generasi muda Anambas yang mengkonsumsi obat batuk dalam kemasan secara berlebih, atau yang lebih dikenal dengan istilah 'ngomix', membuat Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kepulauan Anambas ‎buka suara.

Baca: Bulan Madu ke Turki Posting Foto Begini, Netizen Puji Penampilan Istri Muzammil!

Baca: Mengejutkan! Inilah 10 Kepribadian Wanita Menurut Bentuk Bibirnya. Mana Pilihan Anda?

Baca: Bikin Merinding! Jasad 7 Tokoh Ini Digali Kembali Setelah Meninggal, Ini Alasannya!

Prihatin dengan kondisi tersebut, pengawasan dari orangtua mereka menjadi hal penting dalam memperhatikan perilaku dan lingkungan anaknya untuk terhindar dari aktivitas yang jelas-jelas berdampak kesehatan itu bila dikonsumsi secara berlebihan.

"Ini yang membuat kami prihatin. Kami mengimbau kepada orangtua mereka untuk lebih meningkatkan pengawasannya," ujar Dato' Sri Setia Amanah Ir. H. Herdi Usman Jum'at (21/7/2017).

Pihaknya pun menyadari, LAM tidak dapat sebagai eksekutor dalam menyikapi dan menindak terkait fenomena ini. Meski demikian, upaya koordinasi dengan instansi terkait salahsatunya pihak kepolisian, diakuinya telah dilakukan sebagai salahsatu upaya dalam mencegah dan meminimilasir fenomena yang diketahui tidak hanya ada di Pulau Siantan saja, namun telah menyebar ke sejumlah desa di Anambas.

‎Pemikiran bahwa pendidikan mental dan perilaku hanya berada di sekolah pun, menurutnya harus diluruskan, dalam menyikapi fenomena ini. Pihaknya menegaskan, pembinaan dari orangtua merupakan faktor penting lain dalam mencegah generasi muda dalam penyalahgunaan dalam mengkonsumsi obat batuk ini.

Fenomena 'ngomix' ini pula yang kerap kali ditemui personil Satpol PP Kabupaten Kepulauan Anambas ketika melakukan patroli rutin. Tidak hanya di wilayah Tarempa dan sekitarnya, ‎sisa bungkus kemasan obat batuk dalam jumlah tidak wajar ini pun, kerap ditemukan di sejumlah desa dan pulau lain di luar Pulau Siantan, salahsatunya Pulau Jemaja. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved