Motion

Ikatan Pemuda Kenanga, Ubah Sampah di Pantai Jadi Kerajinan Bernilai

Barang buangan ini justru bisa menjadi sumber pendapatan jika dikreasikan secantik mungkin sehingga disukai banyak orang.

Ikatan Pemuda Kenanga, Ubah Sampah di Pantai Jadi Kerajinan Bernilai
TRIBUNBATAM
motion 

LIMBAH atau sampah tidak selamanya menjadi memok dan menjijikan karena sekarang sudah banyak kreativitas dan inovasi untuk mengelola barang bekas pakai tersebut.

Barang buangan ini justru bisa menjadi sumber pendapatan jika dikreasikan secantik mungkin sehingga disukai banyak orang.

Seperti yang dilakukan para pegiat dari komunitas Ikatan Pemuda Kenanga (Ipka) yang berisikan anak-anak dan Kampung Kenanga, Tanjungpinang.

Komunitas ini diprakarsai oleh Lucky Mercyano Wele (33) dan kawan-kawannya. Melalui komunitas ini, para anggotanya berkreativitas membuat barang-barang buangan menjadi kerajinan tangan yang berdaya ekonomi.

Komunitas ini lahir secara spontanitas sekitar lima tahun silam. Saat itu, Lucky dan kawan-kawan melihat kondisi kampung mereka yang dipenuhi sampah dan sangat tidak nyaman.

Untuk mengatasi sampah yang ada, awalnya mereka hanya bergotong-royong membersihkan kampung. Namun, kemudian mereka memanfaatkan barang-barang bekas tersebut menjadi karya-karya seni.

"Saya sendirilah yang pertama merintisnya. Saya kemudian mengajak kawan-kawan untuk bergabung," ujar Lucky kepada Tribun di depan rumahnya, Kamis (20/7/2017) petang.

Dari sampah yang dikumpulkan saat gotong royong, seperti sampah plastik, kayu, botol, dan lain-lain, Lucky menyulapnya menjadi kerajinan tangan berupa hiasan dan pernak-pernik kebutuhan rumah tangga.

“Bahan dasarnya adalah limbah dan sampah yang berceceran di sekitar kampung kami. Maklum, kampung Kenanga berbatasan langsung dengan bibir pantai yang ditumbuhi pohon bakau. Tumpukan sampah selalu ditemukan di sekitar pohon-pohon bakau,”ujar Lucky. (*)

Ubah Botol Bekas Jadi Hiasan

Halaman
123
Penulis: Thom Limahekin
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help