TribunBatam/

BATAM TERKINI

Ternyata Ini Penyebab Lamanya Pengalihan Aset dari BP Batam ke Pemko

Persoalan pengalihan aset memang cukup alot dan butuh waktu panjang. Lantas, apa sebenarnya penyebabnya?

Ternyata Ini Penyebab Lamanya Pengalihan Aset dari BP Batam ke Pemko
Tribunnews batam/hadi maulana
TPA Telaga Punggur Batam, merupakan satu di antara aset yang akan dialihkan dari BP Batam ke Pemko Batam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Persoalan pengalihan aset memang cukup alot dan butuh waktu panjang. Lantas, apa sebenarnya penyebab lamanya pengalihan aset tersebut?

“Kami pikir hambatannya ada di komitmen bersama. Secara dokumen ada yang kurang. Kami sudah koordinasi dengan Kementerian Keuangan," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Batam Abdul Malik kepada Tribun.

"Kalau kedua pihak sudah sepakat, sebenarnya tak ada kendala. Sepengetahuan kami sepanjang dokumen lengkap dan ada komitmen, bisa cepat. Inikan antara Pemerintah dan Pemerintah saja," katanya.

Terkait aset yang berkaitan dengan kepentingan publik, Malik tetap menekankan kalau pihak yang lebih pas mengelola itu, yakni Pemko Batam. Sedangkan BP Batam lebih ke urusan investasi.

Baca: Dari 45 Persil Pengalihan Aset, Baru Lima Aset yang Diproses

Baca: Bayar Uang Muka Lima Persen Bisa Langsung KPR

Baca: Sebulan, Polda Kepri Dua Kali Gerebek Penjudi di Batuaji

Sebelumnya, BP Batam telah memberikan opsi pinjam pakai aset sebagai solusi tercepat berkaitan dengan hibah aset.

Tujuannya agar Pemko Batam bisa segera memanfaatkan aset yang dimintakan hibahnya. Sebab jika menunggu hibah dari Menteri Keuangan, butuh waktu lebih lama.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam, Purba Robert M Sianipar mengatakan, dari pihaknya juga menginginkan agar proses hibah tersebut bisa segera dilakukan. Tidak ada niat untuk menghambat atau memperlambat.

"Keputusannya ada di Kemenkeu. Bukan kami yang memutuskan. Kalau kami yang memutuskan langsung SK Kepala BP Batam saja. Kami juga ingin proses ini cepat selesai. Tapi selain hibah kan bisa pinjam pakai dulu. Tak masalah," kata Robert. (*)

Tags
aset
Batam
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help