Soal Rencana Redominasi Rupiah, Ini Pesan Presiden pada Menteri Keuangan

Soal proses legislasi di DPR, Sri Mulyani belum bisa memastikan apakah Rancangan Undang-undang (RUU) redenominasi bisa rampung tahun ini atau tidak.

Soal Rencana Redominasi Rupiah, Ini Pesan Presiden pada Menteri Keuangan
kaskus.co.id
Ilustrasi mata uang rupiah 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana Bank Indonesia (BI) melalukan redenominasi atau penyederhanaan rupiah sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Namun menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Presiden meminta adanya pembahasan secara detail terlebih dahulu terkait redenominasi rupiah.

"Nanti (pembahasan detail) akan disampaikan di rapat kabinet terbatas," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Pembahasan detail itu, tutur Sri Mulyani, akan mencakup berbagai hal mulai dari alasan di balik redenominasi, tahapan redenominasi, hingga manfaat yang didapatkan masyarakat bila rencana itu direalisasikan.

Selain itu, Sri Mulyani juga menuturkan, Presiden meminta agar redenominasi rupiah mempertimbangkan aspek sosial, politik, dan ekonomi. Pemerintah tidak ingin rencana redenominasi disalahartikan oleh masyarakat.

Oleh karena itu Presiden juga meminta agar rencana redenominasi dijelaskan secara rinci kepada masyarakat. "Jangan sampai ini menjadi persoalan yang tidak produktif bagi ekonomi kita," kata dia.

Saat ditanya terkait proses legislasi di DPR, Sri Mulyani belum bisa memastikan apakah Rancangan Undang-undang (RUU) redenominasi bisa rampung tahun ini atau tidak.

Baca: Yamaha Tawarkan Promo Uang Muka Nol Rupiah Bagi Pegawai Swasta

Baca: Diskon 50 Persen di Thai Best. Bisa Pijat Relaksasi hingga Pijat Untuk Badan Capek

Baca: Pengen Punya Badan Sehat dan Atletis? Nge-Gym Aja

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menilai redenominasi rupiah begitu penting. Selama ini saat rupiah dibandingkan dengan dollar AS, nilainya terbilang besar yakni Rp 13.300 per 1 dollar AS.

Sementara itu, di sejumlah negara lain nilainya dolar tidak sebanyak di Indonesia. Malaysia misalnya 1 dolar AS hanya 4 ringgit, Singapura lebih kecil lagi yakni 1,5 dollar Singapura.

Selain itu, BI meyakini redenominasi rupiah mampu membuat persepsi positif bagi Indonesia sebab transaksi akan menjadi lebih efisien. Diharapkan, ekonomi Indonesia bisa lebih dipercaya pasar. (*)

*Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul: Presiden Minta Ada Pembahasan Detail soal Redenominasi

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help