BATAM TERKINI

Standar Gaji Pokok ASN Sama Seluruh Indonesia. Ternyata Ini Pembeda Gaji Antar Daerah

Besaran gaji pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai pangkat dan golongan di Indonesia berlaku sama di setiap daerah.

Standar Gaji Pokok ASN Sama Seluruh Indonesia. Ternyata Ini Pembeda Gaji Antar Daerah
TRIBUNBATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Besaran gaji pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai pangkat dan golongan di Indonesia berlaku sama di setiap daerah.

Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2015 tentang peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Yang membedakan antar ASN, yakni soal tunjangan. Pemberiannya tergantung daerah dan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

"Gaji pokok ASN sama se-Indonesia sesuai PP Nomor 30 tahun 2015. Ada golongan 1 sampai 4, a sampai e. Tunjangan yang beda," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Batam, Ardiwinata, Selasa (25/7/2017) di Batam Center.

Di Batam, ketentuan mengenai tunjangan ASN dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwako) Batam. Terbaru diatur dalam Perwako Nomor 2 tahun 2017 tentang pemberian tambahan penghasilan bagi pejabat, PNS daerah dan calon PNS daerah di lingkungan Pemko Batam. Ketentuan tersebut ditandatangani 5 Januari 2017.

Jika sebelumnya, pemberian tunjangan ini melekat pada pejabat struktural, kini tidak lagi. Dikatakan, mulai staf, pegawai eselon IV, eselon III, dan eselon II di Pemko Batam diberikan tunjangan tergantung prestasi kerja dan beban kerja.

Besaran tunjangan tersebut setiap bulannya dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam 2017.

Untuk diketahui target APBD Kota Batam 2017 lebih kurang Rp 2,5 triliun. Sedangkan jumlah ASN di Kota Batam lebih kurang 5.000-an.

"Di kepemimpinan Wali Kota Batam, Rudi dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, salah satu kebijakan yang diambil memang untuk meningkatkan penghasilan pegawai di luar gaji. Itulah tunjangan," ujar dia.

Diharapkan dengan adanya peningkatan kesejahteraan itu, bisa memberikan semangat dalam peningkatan kinerja ASN.

Sehingga tujuan institusi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam bisa terlaksana. Di sisi lain, diharapkan bisa menghilangkan hal-hal yang tak diinginkan dalam melaksanakan tugas.

"Karena apa yang diperoleh sudah memenuhi untuk kebutuhan mereka sehari-hari," kata Ardi. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help