Anak Kecanduan Gadget Munculkan Masalah Perilaku? Simak Hasil Penelitian Ini

Kini, anak pun bisa mengoperasikan segala jenis gadget secara lihai seperti menonton youtube, bermain game dan sebagainya. Apa dampaknya?

Anak Kecanduan Gadget Munculkan Masalah Perilaku? Simak Hasil Penelitian Ini
Nakita.id
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Di era yang serba digital ini, teknologi memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, yang tak luput dari jangkauan anak-anak.

Kini, anak pun bisa mengoperasikan segala jenis gadget secara lihai seperti menonton youtube, bermain game dan sebagainya.

Sebagai orangtua, apakah ini berdampak pada anak-anak kita? Satu studi menemukan bahwa orangtua yang berjuang membatasi waktu penggunaan gadget pada anak-anak mereka cenderung memiliki anak yang menunjukkan masalah perilaku.

Apa itu tandanya anak mengalami ketergantungan teknologi? Mungkin kata ’kecanduan’ menjadi gambaran yang lebih mudah. Untuk studi ini, asisten profesor di Illinois State University, Brandon McDaniel mensurvei 170 keluarga Amerika mengenai jumlah "technoference" dalam kehidupan mereka.

Technoference adalah bagaimana teknologi mengganggu hubungan, interaksi, dan lain-lain.

Hasil survei mengungkapkan, bahwa anak merasa tersesat tanpa gadget mereka, lalu segera menghidupkan gadget di saat mereka merasa kesepian, dan sering memeriksa gadget. Penelitian ini menemukan bahwa technoference mempengaruhi tingkah laku anak-anak.

Anak-anak yang berada di rumah, di mana technoference umum terjadi lebih cenderung menunjukkan masalah perilaku seperti, merengek, mengubah perasaan ke dalam, bertindak lebih, perilaku agresif, dan perilaku negatif lainnya yang sering dikaitkan dengan pencarian perhatian.

Hal ini terjadi jika orangtua sedang sibuk dengan gadget masing-masing,  sehingga anak menggunakan alat untuk mendapat perhatian dan menggunakan apa yang mereka bisa (misalnya perilaku yang mengganggu) untuk mendapatkan perhatian lebih.

Baca: Belum Bentuk Koalisi Tetap, Gerindra Siap Gandeng AHY dan Gatot Nurmantyo

Baca: NEKAT. Dua Pemuda Ini Bertransaksi Narkoba di Pinggir Jalan. Ini Akibatnya!

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help