TribunBatam/

Noorlizah Nurdin Buka Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kepri. Siapa Jawaranya?

Dalam lomba tersebut, Kabupten Natuna sebagai juara umum, disusul oleh Kota Batam dan Kabupaten Karimun di peringkat 2 dan 3.

Noorlizah Nurdin Buka Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kepri. Siapa Jawaranya?
Humas pemprov Kepri
Noorlizah Nurdin saat meninjau peserta lomba memasak serba ikan tingkat Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Istri Gubernur Kepulauan Riau Hj. Noorlizah Nurdin mengatakan, berbagai program seperti cipta menu, memasak serba ikan, yang berbasis sumber daya lokal, dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam keluarga.

Hal itu disampaikan Noorlizah saat membuka Lomba Memasak Serba Ikan tingkat Provinsi Kepri ke-10 dan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumberdaya lokal di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang pada Kamis (27/7/2017).

"Kegiatan seperti ini juga bermaksud untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan dan konsumsi ikan dalam meningkatkan kualitas hidup. Serta, bagaimana menarik minat anak-anak mengkonsumsi ikan menjadi sebuah kebutuhan, bukan sebuah pilihan," ujar Noorlizah.

Noorlizah melanjutkan, kegiatan tahun ini ditekankan pada menu sarapan untuk anak sekolah.

Studi menunjukan bahwa sarapan bergizi bagi anak sekolah ternyata berpengaruh terhadap fisik dan psikologis anak.

Noorlizah mengatakan, ikan merupakan produk yang menyehatkan karena di dalamnya terkandung nilai gizi yang tinggi, seperti protein, omega 3 dengan kandungan DHA dan EPA yang baik untuk perkembangan sel-sel otak dan mampu meningkatkan kecerdasan serta kesehatan.

Asisten Pemerintahan Raja Ariza mengatakan, aspek konsumsi pangan sangat erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia.

"Provinsi Kepri merupakan daerah yang strategis letaknya, degan komposisi 96 persen lautan. Potensi ekonomi kelautan dan perikanan cukup besar dan beragam sehingga perlu dikelola dan manfaatkan dengan baik," ujar Ariza.

Program ini merupakan gabungan dari dua instansi, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Ketahanan Pangan, diikuti oleh masing-masing perwakilan dari Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se-Provinsi Kepri.

Lomba memasak sendiri dimulai sejak pukul 06.00 WIB.

Halaman
123
Penulis: Thom Limahekin
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help