Pemerintah Alihkan Penerbangan Calon Jemaah Haji ke Bandara Soekarno Hatta

Keputusan ini diambil mengingat kondisi landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusuma yang mengelupas dan belum bisa digunakan.

Pemerintah Alihkan Penerbangan Calon Jemaah Haji ke Bandara Soekarno Hatta
KONTAN
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memutuskan untuk mengalihkan penerbangan kelompok terbang (kloter) calon jamaah haji dari embarkasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta, Banten. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memutuskan untuk mengalihkan penerbangan kelompok terbang (kloter) calon jamaah haji dari embarkasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Keputusan ini diambil dalam rapat evaluasi kondisi landasan pacu Bandara Halim hari Jumat sore (28/7/2017) yang dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan dihadiri oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Direktur Utama dan Dir Operasi PT Angkasa Pura II, Direktur Utama dan Direktur Produksi PT Garuda Indonesia.

Keputusan ini diambil mengingat kondisi landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusuma yang mengelupas setelah dilakukan penerbangan pesawat berbadan besar Boeing B777 untuk mengangkut penerbangan haji pada Jumat (28/7/2017).

"Dari hasil rapat evaluasi tim teknis hari ini, demi keselamatan penerbangan dan kenyamanan calon jamaah haji, kami memutuskan untuk memindahkan seluruh sisa penerbangan embarkasi haji Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta," ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Agus menyatakan, walaupun saat ini telah dilakukan perbaikan-perbaikan di Bandara Halim PK, masih berpotensi terjadi kerusakan yang lain di landasan tersebut jika dipakai operasional pesawat berbadan besar sejenis B777.

Baca: Kunjungan Wisatawan ke Mal Turun Drastis, Diduga Akibat Sejumlah Isu Ini

Baca: Pikat Wisman, Kementerian Pariwisata Siapkan 70 Ribu Tiket Murah ke Singapura dan Johor

Baca: Silakan Lapor Jika Temukan Gratifikasi di BPJSTK Batam Sekupang

Hari ini telah diberangkatkan dua penerbangan haji. Satu penerbangan dari Garuda pukul 08.20 WIB melalui Bandara Halim PK dan satu penerbangan dari Saudi Airlines melalui Bandara Soekarno-Hatta CGK pukul 13.56 WIB.

Namun, Agus menyatakan runway dan fasilitas lain di Bandara Halim Perdanakusuma masih aman untuk penerbangan reguler dengan pesawat-pesawat yang lebih kecil seperti Boeing B737 dan Airbus A320.

Menurut Agus, pemindahan ini sudah dikoordinasikan dengan semua pihak terkait sehingga penerbangannya tetap bisa berjalan lancar, selamat, aman dan nyaman serta tidak mengganggu penerbangan reguler di Bandara Soekarno-Hatta.

Masing-masing pihak yang terkait baik dari Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan, pengelola bandara, Airnav dan maskapai penerbangan akan melakukan langkah penanganan pemindahan embarkasi tersebut.

"Pemindahan ini tidak akan mengurangi kenyamanan dan kekhusukan para jamaah dalam proses ibadah haji. Karena ibadah haji termasuk ibadah yang sangat penting bagi umat Islam sehingga kami juga akan melakukan hal yang terbaik untuk mendukungnya," ujar Agus

Dalam perencanaannya, embarkasi Halim Perdanakusuma akan melayani 159 kelompok terbang (kloter) haji. Terdiri dari 63 kloter yang dilayani maskapai Garuda Indonesia dan 96 kloter yang dilayani maskapai Saudia Arabian Airlines. Total jamaah yang dilayani embarkasi ini adalah 63.371 jamaah dan 795 petugas haji. (*)

*Berita ini juga tayang di Kontan.co.id dengan judul : Seluruh penerbangan haji akan terbang dari Soetta

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help