Kelompok Teror di Sidney Hendak Jatuhkan Pesawat dengan Bom Improvisasi. Begini Caranya

Kepolisian Australia menggagalkan rencana teroris yang hendak menjatuhkan pesawat terbang dengan alat peledak improvisasi.

Kelompok Teror di Sidney Hendak Jatuhkan Pesawat dengan Bom Improvisasi. Begini Caranya
Twitter: Amichai Stein
Polisi Australia menggerebek kelompok teroris yang hendak meledakkan pesawat 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, SYDNEY - Kepolisian Australia menggagalkan rencana teroris yang hendak menjatuhkan pesawat terbang dengan alat peledak improvisasi.

Pihak berwenang setrempat, Minggu (30/7/2017) malam mengatakan, empat orang ditangkap karena rencana aksi teror tersebut.

Surat kabar Australia melaporkan bahwa keempat tersangka yang ditangkap berasal dari keluarga yang sama dan telah merencanakan untuk menjatuhkan sebuah jet.

Pelaku diduga terafiliasi dengan militan ISIS di Suriah, demikian dilaporkan AFP.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan bahwa plot tersebut tampaknya "rumit" dan bukan direncanakan oleh pelaku tunggal, karena keamanan di bandara domestik dan internasional utama di seluruh negeri sangat ketat.

"Saya dapat melaporkan tadi malam bahwa telah terjadi operasi gabungan kontra-terorisme utama untuk menghentikan rencana teroris untuk menjatuhkan pesawat terbang," kata Turnbull kepada wartawan.

Pejabat tidak menyebutkan, apakah rencana tersebut untuk penerbangan domestik atau internasional, namun harian Sydney Daily Telegraph melaporkan bahwa serangan mereka ditujukan unruk penerbangan lokal.

Kepolisian Australia menahan satu keluarga keturunan Lebanon, terdiri dari dua ayah dan dua anak laki-laki.

Komisioner Polisi Federal Australia Andrew Colvin menggambarkan bahwa penangkapan dilakukan secara terpisah di Sydney sejak Sabtu.

Australian Broadcasting Corporation mengatakan bahwa polisi menemukan barang-barang yang bisa digunakan untuk membuat bom rakitan di salah satu rumah yang diserbu pada hari Sabtu.

Perangkat tersebut rencananya akan diselundupkan ke pesawat untuk diledakkan.

Menurut informasi, alat peledak tersebut bisa mengeluarkan gas beracun yang bisa melumpuhkan semua orang di pesawat terbang.

Petugas polisi NSW yang bersenjata berat menyerbu lima properti di barat daya Sydney, dua di Punchbowl, satu di Lakemba dan satu di Wiley Park dan satu di kota Surry Hills, kata Australia.

Nama dan usia keempat pria yang ditangkap Sabtu belum dirili polisi.

Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help