TribunBatam/

Lakukan Hal Ini Untuk Menghindari Tagihan Air Anda Tinggi

Terkadang konsumen tanpa disadari menggunakan air setiap bulan bisa saja melebihi pemakaian air per kubik dari biasanya.

Lakukan Hal Ini Untuk Menghindari Tagihan Air Anda Tinggi
IST
Petugas ATB Menunjukan contoh meteran yang digunakan dan dipasang di meter air rumah pelanggan 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Pernahkah Anda mengalami kondisi yang mendapatkan tagihan air terbilang cukup tinggi dari biasanya, sementara penggunaan air di rumah pelanggan terbilang normal?

Jika Anda pernah mengalami kondisi ini, alangkah baiknya Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu jaringan air di rumah anda sebelum mengajukan komplain.

Mengingat kondisi tersebut, bisa saja disebabkan oleh kebocoran jaringan pipa pelanggan setelah meteran. Jika demikian, maka air akan terbuang percuma dan tagihan akan tetap dibebankan ke pelanggan.

Untuk itu, diharapkan para pelanggan bisa melakukan pengecekan secara berkala jaringan air di rumah pelanggan.

"Pengecekan meteran air dan jaringan rumah anda sangat penting. Karena bisa diketahui apakah terjadi kebocoran yang tidak dapat terdeteksi karena air merembes di dalam bangunan,” kata Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB.

Cara mudah untuk melakukan pengecekan apakah terjadi kebocoran jaringan pipa pelanggan yakni memastikan seluruh keran di dalam rumah atau bangunan sudah dalam keadaan tertutup rapat, kemudian perhatikan meter air yang terletak didepan rumah.

"Apabila seluruh keran sudah ditutup rapat, namun jarum meter air masih berputar, ada kemungkinan terjadi kebocoran jaringan pipa pelanggan. Bila terjadi kebocoran jaringan dalam, segera tutup valve di meter air agar air yang mengalir ke pipa jaringan dalam bisa dihentikan," jelasnya.

Selain kebocoran jaringan pipa di tempat pelanggan, penyebab tagihan tinggi juga bisa di pengaruhi oleh faktor banyaknya konsumsi air yang digunakan.

Terkadang konsumen tanpa disadari menggunakan air setiap bulan bisa saja melebihi pemakaian air per kubik dari biasanya.

Dengan tarif air yang berlaku progresif, tentunya semakin banyak pelanggan menggunakan air maka tarif perkubiknya tentu akan semakin tinggi.

Penyebab dari kebocoran yang terjadi di jaringan pipa pelanggan lebih di karenakan kondisi pipa yang termakan usia, kualitas pemasangan pipa yang kurang baik, termasuk tekanan air yang cukup besar melewati pipa pelanggan.

"Kebocoran jaringan dalam memang tidak dapat dilihat secara kasat mata, seperti pipa utama ATB yang mengalami kebocoran. Kebocoran biasanya berada di dalam bangunan atau pipa berada di bawah lantai. Sehingga air akan merembes ke dalam bangunan.

Namun terkadang pelanggan baru mengetahui setelah membayar tagihan air yang cukup tinggi dari bulan biasanya, padahal pemakaian sudah secara wajar," jelasnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari tagihan tinggi akibat kebocoran jaringan pipa dalam pelanggan, pelanggan diharapkan secara rutin mengecek meter air ATB yang ditempatkan di depan rumah

Tags
ATB
tagihan
Editor: Rio H. Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help