Lomba Balita Sehat Tanjungpinang, Syahrul Ajak Nyanyi Lagu Bunda Tiara!

Lomba Balita Sehat Tanjungpinang, Wakil Walikota Syahrul Ajak Nyanyi Lagu Bunda Tiara!

Lomba Balita Sehat Tanjungpinang, Syahrul Ajak Nyanyi Lagu Bunda Tiara!
Tribunbatam/M Ikhwan
Wakil Walikota Syahrul berfoto bersama peserta lomba balita sehat di Tanjungpinang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Sebanyak 47 anak dibawah usia lima tahun (Balita) mengalami penyimpangan tumbuh kembang. Jumlah tersebut diketahui berdasarkan deteksi dini tumbuh kembang di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap 15.331 balita pada 2016.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul saat menyampaikan sambutan dalam Lomba Balita Sehat (LBS) Kota Tanjungpinang 2017 di Aula Bulang Linggi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Selasa (1/8).

"Saat ini jumlah balita di Kota Tanjungpinang sebanyak 21.926. Dari jumlah balita tersebut, balita yang dilakukan deteksi dini tumbuh kembang di Posyandu TK dan Paud pada tahun 2016 sebesar 15.331 balita dari sasaran dari jumlah tersebut 47 orang mengalami penyimpangan tumbuh kembang," kata mantan Ketua PGRI tersebut.

Untuk itu, 47 balita tersebut diberikan pembinaan secara komprehensif dan berkesinambungan. Termasuk pembinaan kesehatannya. Hal tersebut tidak bisa dilakukan setengah-setengah tetapi harus dilakukan secara terkoordinasi dan berkelanjutan. Sehingga dengan demikian, generasi penerus ini dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Selain itu, Pemko Tanjungpinang juga berupaya menciptakan balita sehat melalui pemantauan pertumbuhan di Posyandu yang jumlahnya 134 unit. Selain itu juga di TK dan PAUD melalui kegiatan stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak (SDIDTKA).

"Karena itu, saya menghimbau kepada seluruh orang tua yang mempunyai Balita untuk rutin membawa anaknya ke Posyandu guna memantau pertumbuhan dan perkembangannya. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kota Tanjungpinang di masa yang akan datang," katanya.

Menurutnya pembangunan kesehatan dan tumbuh kembang anak perlu dilakukan sedini mungkin. Mulai dari anak di dalam kandungan sampai lima tahun pertama kehidupannya.

Ia juga berpesan, kepada bayi dan balita yang belum berhasil menang jangan berkecil hati. Karena semua balita disini adalah balita balita terbaik dan merupakan aset bangsa yang berkualitas.

Sebelum membuka LBS tersebut Syahrul mengajak para ibu-ibu beserta anak-anaknya Balitanya untuk menyanyi Lagu Bunda Tiara. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help