Halal Bihalal Punggowo Jadi Iven Pariwisata, 68 Grup Kesenian Akan Tampil di Engku Putri

Kementerian Periwisata menjadikan halal bihalal ini sebagai iven pariwisata. Bahkan, Menteri Pariwisata RI Arif Yahya menyatakan siap hadir di Batam.

Halal Bihalal Punggowo Jadi Iven Pariwisata, 68 Grup Kesenian Akan Tampil di Engku Putri
Suasana rapat perisiapan halal bihalal Punggowo, Minggu (6/8/2017). Akan dijadikan iven pariwisata nasional oleh Kementerian Pariwisata 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Paguyuban Among Wargo Jowo (Punggowo) menggelar acara Halalbihalal tahun 2017 di Dataran Engku Putri, 27 Agustus mendatang.

Acara ini akan dimeriahkan dengan pementasan sedikitnya 68 grup kesenian daerah dan bazar kuliner.

Acara akbar tahun ini juga direncanakan masuk dalam rekor MURI.

Pada Halalbihalal Punggowo tahun 2016, juga tercatat dalam rekor Muri dengan jumlah peserta mencapai 137.000 orang.

Tahun ini acara diselenggarakan outdoor sehingga peserta akan lebih banyak lagi.

Menurut Ki Lurah Punggowo, DR HM Soerya Respationo SH MH, Minggu (6/8/2017), Halal Bihalal Punggowo X tahun 2017 ini diapresiasi oleh Kementerian Pariwisata RI.

Kementerian Periwisata menjadikan halal bihalal ini sebagai iven pariwisata. Bahkan, Menteri Pariwisata RI Arif Yahya menyatakan siap hadir di Batam.

"Jumlah pengunjung yang banyak, pentas aneka budaya dari puluhan grup kesenian, hingga keunikan kuliner daerah ternyata menjadi pertimbangan khusus Kementerian Pariwisata RI , sehingga acara Halal bihalal Punggowo ini ditetapkan sebagai even nasional," ujar Soerya.

 Acara ini sekaligus pelantikan pengurus Punggowo Mudho, atau organisasi kawula muda Punggowo yang untuk periode mendatang yang diketuai oleh Putra Respaty.

Menurut ketua seksi kesenian, Marji Riyanto, hingga saat ini setidaknya sudah terdaftar 68 group kesenian yang siap memeriahkan acara.

Kelompok kesenian yang akan pentas berasal dari berbagai wilayah di Jawa dan Sumatera, seperti kuda kepang, jaranan, reog,rontek, jathilan, topeng ireng, tayub, kerawitan hingga barongsai.

Sedangkan seksi kuliner, Demang Subiantoro mengatakan, pihaknya siap menyediakan 136 stand kuliner yang semuanya akan diisi aneka makanan khas tradisional dari berbagai kota.

Penulis: Purwoko
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved