Heboh! Akses Internet Pemkab Anambas Terputus. Kabel Internet Terpotong Misterius!

Heboh! Akses Internet Pemkab Anambas Terputus. Kabel Internet Terpotong Misterius!

Heboh! Akses Internet Pemkab Anambas Terputus. Kabel Internet Terpotong Misterius!
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Jaringan kabel internet dekat Pemkab Anambas 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-‎Layanan internet Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami gangguan. Penyebabnya pun mencengangkan. Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan statistik Kabupaten Kepulauan Anambas Jeprizal menyebut,

penyebab gangguan layanan internet tersebut karena kabel serat kaca (fiber optic) yang berada di sisi kanan kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas dipotong Orang Tak Dikenal (OTK).

Baca: Cewek Kamu Pendiam Ya? Mengejutkan Inilah 10 Ciri Seorang Hiperseks!

Baca: Cuaca Terik Landa Pinang-Bintan Sebulan Terakhir, Volume Waduk Sei Pulai Turun. Ini Bahayanya!

Baca: Mencengangkan! Nama Saya Mertolulut! Saya Algojo Kerajaan Mataram Kalau Ada Penjahat Tertangkap!

Baca: Bikin Terharu! Pria Ini Sumbang Lagu Sambil Menangis di Pernikahan Mantannya. Ini Judulnya!

Kabel yang terselip diantara pohon mangga itu pun, diakuinya dipotong pada Sabtu (5/8) sekitar pukul 03:00 dini hari. "Kabel FO (fiber optik,red) yang ada dipotong orang kemarin malam di jalur kantor Bupati. Saya sudah melaporkan hal ini kepada pimpinan. Apa motifnya kami belum tahu," ujarnya Minggu (6/8/2017).

Dampak terpotongnya kabel ini pun tak main-main. Jaringan LAN/WLAN sebagian besar kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ‎tidak terhubung. Jeprizal mengatakan, untuk melakukan penyambungan, selain harus mendatangkan tim ahli untuk spluzer penyambungan serat optik, harus mendatangkan perangkat join clous agar jaringan internet kembali normal.

"Ini belum tersedia dan harus dipesan. Tim ahli penyambungnya ‎pun, juga harus kami datangkan," ungkapnya.

Pihaknya pun, telah membuat laporan ke Polres Anambas.‎ Melalui Kepala Seksi infrastruktur e-Governtment, Ronald Saroingsong, tindakan pengrusakan kabel ini pun mengalami kerugian hingga Rp 20 juta.

‎"Untuk akses kantor Bupati sampai ke jalan Selayang Pandang (SP) sampai kantor dinas masih aktif. Begitu juga kantor dinas yang berada di atas. Selebihnya, tidak connect karena putus," bebernya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Polres Anambas. Padamnya jaringan internet ini pun, dikeluhkan‎ oleh awak media yang memiliki log in serta biasa menggunakan untuk mengirim berita. "Tak salah sejak kemarin, jaringan internet bermasalah," ujar Jhon salahseorang pewarta.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved