TribunBatam/

Ngeri! Es Kutub Utara Mencair, Selat Malaka Bakal "Mati". Bagaimana Batam?

Ngeri! Es Kutub Utara Mencair, Selat Malaka Bakal "Mati". Bagaimana Batam?

Ngeri! Es Kutub Utara Mencair, Selat Malaka Bakal

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Pemerintah mengkhawatirkan mencairnya lapisan es di kutub utara sebagai akibat dari memanasnya suhu global. Hal itu diyakini bisa memberikan dampak buruk kepada ekonomi Indonesia.

Baca: Mengejutkan! Inikah Kutu Laut Penggigit Remaja di Pantai Hingga Keluar Darah Misterius?

Baca: Heboh! Digeser Ma Huateng, Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di Asia. Benarkah?

Baca: Ngeri! Trump Marah-marah, Korut Balas Ancam Rudal Pangkalan Amerika di Pasifik!

Baca: Ada Apa Dengan Ridwan Kamil? PDI-P dan Golkar Tutup Pintu di Pilkada Jabar!

Asisten Deputi Bidang Keamanan dan Ketahanan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Basilio Dias Araujo mengungkapkan, salah satu dampak yang patut diwaspadai yaitu berubahnya jalur pelayaran perdagangan.

“Kalau kita menaruh pusat perdagangan di China, Jepang dan Korea, dengan mencairnya es di Kutub Utara, maka jalur menuju Rusia menjadi terbuka,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Pernyataan Basilio itu juga disampaikan dalam forum Diskusi Kelompok Terarah yang diselenggarakan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS), pada Senin (7/8/2017) kemarin.

Selama ini, kapal-kapal pengangkut barang barang ekspor impor dari Eropa ke Asia atau sebaliknya selalu melewati Selat Malaka. Hal ini banyak memberikan keuntungan bagi beberapa negara termasuk Indonesia.

Namun, kondisi itu bisa berubah bila jalur utara terbuka akibat pencairan es di Kutub Utara. Kapal-kapal akan lebih memilih lewat jalur utara melalui Rusia dan meninggalkan Selat Malaka.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help