Keren! Bikin Briket Berbahan Daun, Pelajar SDN 001 Siantan Juara Satu Lomba Sains Anambas!

Keren! Bikin Briket Berbahan Daun, Pelajar SDN 001 Siantan Juara Satu Lomba Sains Anambas!

Keren! Bikin Briket Berbahan Daun, Pelajar SDN 001 Siantan Juara Satu Lomba Sains Anambas!
tribunbatam/septyan mulia rohman
Pelajar SDN 001 Siantan tengah membikin briket berbahan daun 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-Inovasi bisa lahir dari mana saja dan kapan saja. ‎Berawal dari fenomena banyaknya sampah daun kering di sekitar sekolah, sejumlah pelajar di SDN 001 Siantan membuat briket berbahan daun kering.

Baca: Terungkap! Najwa Shihab Sudah Mundur dari Metro TV Sejak 2015 Silam, Ini Pemicunya!

Baca: Hasil Visum Dokter Usus Yoga Membiru, Polisi Simpulkan Korban Meninggal Bunuh Diri

Baca: Jangan Nekat! Saat Perut Kosong, Jangan Konsumsi 10 Makanan Ini

Baca: Heboh Kapolsek Sekolahkan Anak Pakai Surat Miskin, Ombudsman Tuding Ini Biang Keroknya!

Tiga orang siswi kelas VI, Kesi, Mervina dan Syairah yang ditemui di ruang guru pun, menceritakan pengalaman mereka membuat briket daun ini.

Meski tampak malu-malu, namun tiga sekawan ini mengaku, proses pembuatannya tidak sulit. Awalnya, daun kering yang telah dikumpulkan dibakar. Agar tidak menjadi abu, proses pembakaran dilakukan di wadah tempat pembakaran yang ditutup serta kedap udara.

"Prosesnya tidak susah. Daun yang dibakar kemudian dihaluskan. Tak apa kalau tangan kotor, kalau kotor kan tinggal cuci," ujar Syakirah seraya tersenyum Kamis (10/8/2017).

Siswi berkerudung yang kini berusia11 tahun ini mengatakan, ‎proses pembuatan briket daun ini turut dibantu oleh tenaga pengajar di sekolah mereka. Daun yang telah dibakar pun,

selanjutnya dihaluskan dan dicampur dengan tepung Kanji yang dicampur dengan air panas sebagai bahan perekat. Adonan pun kemudian dicetak berbentuk bulat dengan menggunakan pipa.

"‎Selain menggunakan tepung Kanji, bisa juga menggunakan sagu dan air perasan ubi juga bisa. Kami buat ini yang ajar guru kami," sebut Kesi dan Mervina, dua siswi lainnya. Briket daun yang mereka ciptakan ini pun, menorehkan hasil yang menggembirakan.

Juara satu ditorehkan sekolah kala mengikuti lomba sains tingkat kabupaten yang diadakan oleh perusahaan migas yang memiliki base di Palmatak belum lama ini.

Selain mendapat piala dan piagam penghargaan, satu unit laptop mereka bawa pulang atas prestasi yang mereka raih. "Iya, yang lihat banyak. Kami jelaskan kepada orang yang datang tentang briket kami," ungkap Syakirah lagi.

‎Riawati, Kepala Sekolah SDN 001 Siantan mengatakan, briket daun yang dihasilkan pelajar saat ini belum untuk dijual. Briket daun ini pun, menurutnya tengah dalam tahap penyusunan. Ia menjelaskan, pembuatan briket daun didasari dari pengolahan sampah daun yang ditemukan di sekitaran sekolah.

"Saat ini baru disusun saja. Kami coba mengolah agar daun yang banyak kami temukan bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat," ujarnya. Pihaknya berharap, inovasi yang dikembangkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan Anambas pada umumnya. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved