Kecelakaan, Peserta BPJS TK di Tanjungbatu Tak Perlu ke Karimun. Bisa Datang ke Klinik Ini

Klinik Andini Medika sebagai trauma center BPJS TK, maka setiap peserta BPJS TK akan dapat langsung dilayani klinik ini tanpa mengeluarkan biaya

Kecelakaan, Peserta BPJS TK di Tanjungbatu Tak Perlu ke Karimun. Bisa Datang ke Klinik Ini
ist
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam-Sekupang, Mangasi Sormin, SH.MM berfoto bersama dengan dr. Zulfan Efendi, selaku pimpinan Klinik Andini Medika Tanjungbatu. Klinik ini akan menjadi trauma centre jika peserta BPJS TK mengalami kecelakaan. 

Laporan Tribun Batam, Zabur Anjasfianto

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Perluas layanan, BPJS Ketenagakerjaan Batam-Sekupang melakukan perjanjian kerjasama layanan kesehatan dengan Klinik Andini Medika di Tanjungbatu, Kundur, Kabupaten Karimun.

Selain itu juga dilakukan penyerahan sertifikat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada dr Zulfan Efendi, selaku pimpinan Klinik Andini Medika. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam-Sekupang, Mangasi Sormin, SH.MM, mengatakan, kerjasama dengan klinik Andini ini menjawab kebutuhan banyaknya tenaga kerja di wilayah tersebut yang telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan

Selama ini, semua biaya pengobatan, jika terjadi kecelakaan kerja, dibayar dulu oleh pekerja itu atau oleh perusahaan, baru kemudian diklaim ke BPJS Ketenagakerjaan

Dengan perluasan segmen kepesertaan hingga pada kategori tenaga kerja mandiri, maka biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan kerja tentunya akan cukup memberatkan.

"Dengan dijadikannya Klinik Andini Medika sebagai trauma center BPJS Ketenagakerjaan, maka setiap peserta BPJS TK akan dapat langsung dilayani klinik ini tanpa mengeluarkan biaya," katanya.    

Tanjungbatu merupakan kota terbesar di Pulau Kundur yang dikelilingi beberapa pulau kecil, seperti Pulau Mendol dan Pulau Topang.

Dari sisi geografis, kepulauan ini sudah sangat dekat dengan daratan Sumatera bagian timur.

“Karena posisi yang strategis tersebut, maka BPJS Ketenagakerjaan menjadikan Klinik Andini Medika ini sebagai trauma center kami. Harapan kami, setiap peristiwa kecelakaan kerja yang terjadi dapat ditangani terlebih dahulu di sini, sehingga setiap dampak buruk yang mungkin timbul akibat kecelakaan kerja dapat segera diminimalisir," katanya.

Hanya kecelakaan yang parah baru akan dirujuk ke rumah sakit oleh klinik ini. Jarak rumah sakit terdekat dari Kundur adalah Tanjungbalai Karimun dan Batam, yang ditempuh 1 sampai 1,5 jam dengan kapal laut.

"Kalau memang harus dirujuk, setidaknya pertolongan pertama sudah dilakukan di Klinik Andini," tambahnya.

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved