Kompresor Silent Buatannya Masuk 10 Besar Nasional TTG, Tukang Cat Ini Yakin Juara

Kompresor tersebut juga menghasilkan angin atau oksigen bersih untuk perikanan bahkan dokter gigi. Oksigen atau angin sudah disaring separator

Kompresor Silent Buatannya Masuk 10 Besar Nasional TTG, Tukang Cat Ini Yakin Juara
Ahmad Ari Saputra (25) memperesentasikan cara kerja kompresor silent hasil rakitannya di depan tim verifikator Teknologi Tepat Guna (TTG) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. 

Laporan Mhd Munirul Ikhwan

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Ahmad Ari Saputra (25) terlihat percaya diri.

Ia tampak bersemangat menjelaskan cara kerja dan kegunaan alat hasil rakitannya di depan tim verifikator Teknologi Tepat Guna (TTG) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Dengan fasih ia berusaha meyakinkan verifikator alat ciptaannya tersebut sangat berguna.

Ari merupakan perwakilan Provinsi Kepri dalam lomba TTG tingkat nasional.

Ia bahkan sudah masuk dalam 10 besar. Rabu (23/8/2017), Tim Verifikator TTG pusat langsung melakukan verifikasi lapangan dengan mengunjungi kediaman Ari di Kampung Sumber Rejo RT 004 RW 10 Kelurahan Pinang Kencana.

"Kompresor Silent ini bisa digunakan untuk cuci motor, untuk oksigen di akuarium, penyuplai oksigen pada ternak lele, untuk menyablon baju, untuk pengecatan airbrush, pompa ban, keperluan dokter gigi dan lin-lain," katanya. 

Menurut ayah satu anak ini, ide menciptakan alat tersebut berawal dari ngobrol bersama teman.

Kemudian, pada 2014 dengan bermodal Rp 800 ribu, ia pun kemudian menciptakan kompresor tersebut.

"Alhamdulillah pada lomba TTG tingkat kota Tanjungpinang dapat juara dua. Kemudian tingkat Provinsi Kepri dapat juara 1. Sekarang sedang ikut tingkat nasional udah masuk 10 besar. Saya optimistis juara pertama," kata pria kelahiran 1992 ini.

Halaman
123
Penulis: M Ikhwan
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved