Sebaiknya Anda Tahu

Waspadalah! Inilah Pertanda Serangan Jantung Sudah Dekat, Jangan Remehkan!

Waspadalah! Inilah Pertanda Serangan Jantung Sudah Dekat, Jangan Remehkan!

Waspadalah! Inilah Pertanda Serangan Jantung Sudah Dekat, Jangan Remehkan!
Kompas.com
Ilustrasi serangan jantung 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Para ilmuwan telah menemukan gejala baru yang bisa menjadi pertanda bahwa serangan jantung sudah dekat.

Setelah memeriksa material yang menghalangi arteri koroner sejumlah pasien, tim ilmuwan dan ahli medis di Michigan State University mengkonfirmasi bahwa itu adalah kolesterol, dalam bentuk kristal.

Baca: Tercoreng Mogok Dokter Spesialis, Direktur RS Embung Fatimah Akhirnya Mengundurkan Diri

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia Korut Tak Gentar Digertak Perang Amerika: Pasukannya Menakutkan!

Baca: Orang Terkaya dan Naga Indonesia Meninggal Dunia, Terungkap Inilah 5 Istrinya!

Mereka menemukan bahwa kristal kolesterol ini ditemukan di lebih dari 89 persen kasus di ruang gawat darurat.

"Dalam penelitian sebelumnya, kami menunjukkan bahwa ketika kolesterol beralih dari cairan ke keadaan padat atau kristal, ia mengembang seperti es dan air," kata Dr George Abela, profesor kedokteran di Michigan State University.

"Ekspansi di dalam dinding arteri ini bisa merobeknya dan menghalangi aliran darah yang menyebabkan serangan jantung atau stroke."

Dengan memeriksa pasien di lebih dari 240 ruang gawat darurat di seluruh AS, setelah pasien serangan jantung dirawat, tim tersebut kemudian menyedot kristal dan memeriksa ukuran dan kekerasan mereka.

Mereka menemukan bahwa sekelompok besar kristal telah berhasil menembus plak dan dinding arteri, bahkan memasuki jantung itu sendiri.

Selain menyebabkan kerusakan fisik dengan merobek arteri, para ilmuwan juga dapat memastikan bahwa kristal ini mengaktifkan produksi molekul peradangan yang disebut beta Interleukin-1, yang dapat membuat arteri meradang dan semakin parah.

Sekarang, selain memiliki pemahaman yang lebih baik tentang gejala kunci sebelum serangan jantung, penelitian ini juga memperkuat anggapan bahwa banyak olahraga dan pilihan makanan yang baik terbukti mampu mengurangi pembentukan kristal ini.

Menurut NHS, gejala serangan jantung lainnya dapat mencakup nyeri dada yang terasa sampai rahang, leher, lengan, dan punggung, sesak napas, terasa lemah atau pening, dan rasa cemas yang luar biasa. (independent.co.uk/intisarionline)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved