Perda Halal Batam

BREAKINGNEWS: DPRD Batam Ketuk Palu Perda Halal, Target 2018 Berlaku!

DPRD Batam Ketuk Palu Perda Halal, Target 2018 Berlaku! Begini Penjelasannya!

BREAKINGNEWS: DPRD Batam Ketuk Palu Perda Halal, Target 2018 Berlaku!
kompas.com
Lambang sertifikat Halal 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) tentang pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis, akhirnya disetujui untuk disahkan menjadi perda, dalam rapat paripurna DPRD Kota Batam, Kamis (24/8/2017).

Baca: Cari Mangsa di Batam? Pelaku Gentayangan di Dunia Maya. Ini Nama FB dan Situs Website-nya!

Baca: BREAKINGNEWS: Sudah 5 Hari Dua Gadis Warga Bengkong Tak Pulang, Ini Fotonya!

Baca: Sejarah Mencatat! Perang Korea Hitungan Jam, Tentara Korut Kocar-kacirkan Tentara Amerika-Korsel!

Baca: Buah Ceplukan, Dulu Penyelamat Prajurit Romawi, Kini Harga Selangit. Ini Khasiatnya!

Ketua Panitia Khusus (pansus) ranperda, Aman mengatakan, ranperda itu terdiri dari 18 bab dengan 49 pasal. Pansus berharap, kehadiran perda pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis tersebut, nantinya mampu menjawab kebutuhan dan tuntutan pengawasan produk halal dan higienis di Kota Batam.

"Setelah perda ini disahkan perlu dibuat petunjuk pelaksanaan dalam waktu empat bulan. Diharapkan pada Januari 2018 sudah bisa diterapkan," kata Aman menyampaikan laporan pansus.

Dikatakan tujuan kehadiran perda tersebut dimaksudkan untuk memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan terhadap konsumsi produk barang yang beredar. Selain itu untuk meningkatkan kesadaran dan kemandirian menjadi konsumen cerdas. Sedangkan bagi pelaku usaha, menumbuhkan kesadaran pentingnya produk halal dan higienis.

"Untuk barang konsumsi yang beredar baik makanan, minuman, obat-obatan dan lainnnya, wajib memenuhi standar halal dan higienis. Dibuktikan dengan sertifikasi yang diterbitkan instansi yang berwenang," ujar dia. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved