Sebaiknya Anda Tahu

Pemerintah Tetapkan Jumat Idul Adha! Kurban Sapi, Satu Ekor Bisa Tujuh Orang

Pemerintah Tetapkan Jumat Idul Adha! Kurban Sapi, Satu Ekor Bisa Tujuh Orang

Pemerintah Tetapkan Jumat Idul Adha! Kurban Sapi, Satu Ekor Bisa Tujuh Orang
net
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karimun memastikan hari raya Idul Adha tahun ini jatuh pada Jumat (1/9/2017) besok. Hal itu sesuai dengan keputusan sidang isbat di Kementerian  Agama Republik Indonesia di Jakarta, 22 Agustus lalu.

Baca: Anda Ingin Berkurban di Idul Adha? Ini Syarat Usia Ternaknya, Begini Panduan MUI Batam!

Baca: Jangan Tertawa! Karyawan Google Ada Hanya Lulusan SMA. Gajinya Bikin Ampun-ampun!

Baca: Heboh! Dapat Hadiah dari Telkomsel, Gadis Cantik Ini Malah Masuk Penjara, Begini Kisahnya!

Baca: Terobos Singapura Lewat Pipa Perbatasan, Pria Asal Indonesia Ini Gegerkan Singapura. Dari Batam?

"Pada sidang itu ditetapkan 1 Dzulhijjah 1438 Hijriah jatuh pada Rabu, 23 Agustus lalu, berarti hari raya Idul Adha yang jatuh pada setiap 10 Dzulhijjah, jatuh pada Jumat besok, 1 September," ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Afrizal, Selasa (29/8/2017).

Afrizal juga memastikan hari raya Idul Adha tahun ini sama dengan yang diputuskan PP Muhammadiyah.

Hal hampir senada juga diungkapkan Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Karimun, Bustami Datuak Rajo Marah. Ia membenarkan penetapan hari raya Idul Adha tahun ini sama dengan yang diputuskan pemerintah yakni Jumat (1/9/2017) besok.

"Alhamdulillah, sudah beberapa tahun ini, kita sama-sama menetapkan hari raya Idul Fitri dan raya Idul Adha dengan pemerintah. Tahun ini salat Ied dilaksanakan di masjid tidak lagi di lapangan,'' ujar Bustami.

Perihal jumlah hewan qurban, Kanmenag Afrizal mengaku belum bisa memastikan jumlah akhirnya. Itu dikarenakan masyarakat Karimun cenderung masih melaksanakan proses penyembelihan hingga hari raya ketiga.

"Belum bisa dipastikan jumlah akhirnya karena masih banyak masyarakat yang ingin melakukan qurban disaat-saat hari terakhir. Tapi kalau berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, jumlahnya bisa mencapai ratusan ekor sapi dan kambing. M Karimun lebih suka qurban sapi karna sapi bisa tujuh orang yang berkorban," terang Afrizal.

Sementara itu Ucok, salah seorang pedagang hewan qurban menilai tahun ini terjadi penurunan penjualan hewan qurban miliknya dibandingkan tahun lalu.

Tahun sebelumnya bisa mencapai 80 ekor sapi, tahun ini turun menjadi 40 ekor. Satu ekor sapi dibandrol Rp18-25 juta. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help