Warga Singapura Pilih Berkurban di Masjid Raya Batam, Distribusi Hewan Kurban hingga ke Pulau-pulau!

Warga Singapura Pilih Berkurban di Masjid Raya Batam, Distribusi Hewan Kurban hingga ke Pulau-pulau!

Warga Singapura Pilih Berkurban di Masjid Raya Batam, Distribusi Hewan Kurban hingga ke Pulau-pulau!
Tribun Batam/Iman Suryanto
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Jumlah hewan kurban di Batam secara keseluruhan pada perayaan Idul Adha 1438 Hijriah, turun 12 persen dibanding tahun lalu. Bagaimana tanggapan Wali Kota Batam, Rudi?

Baca: Dua Sapi Limosin Bikin Heboh Acara Kurban di Masjid Raya Batam, Begini Kejadiannya!

Baca: Waspadalah! Penipu Lowongan Pekerjaan Gentayangan di Batuaji! Begini Modusnya!

Baca: Keren! Imigran Sudan Jadi Panitia Kurban di Masjid Raya Batam, Ini Aktivitasnya!

Baca: Terungkap! Inilah 10 Harta Karun Kim Jong Un! Ponsel Misterius Ini Paling Mengejutkan!

Pimpinan di Pemerintah Kota Batam itu tak terlalu ambil pusing. Sebab diapun menyadari kalau saat ini pertumbuhan ekonomi, khususnya di Batam memang sedang terjadi perlambatan. Rudi berharap tahun depan terjadi perubahan yang lebih baik.

"Mudah-mudahan bisa bangkit lagi tahun depan. Jadi kalau tahun ini misalnya berkurang 10 persen jumlah hewan kurban, tahun depan naik 11 persen," kata Rudi, usai salat Ied di Dataran Engku Putri Batam, Jumat (1/9/2017).

Berdasarkan data jumlah hewan kurban dari Kementerian Agama Kota Batam pada Idul Adha 1438 Hijriah, ada sebanyak 4.459 ekor hewan kurban yang akan disembelih. Terdiri dari tiga ekor kerbau, 878 ekor sapi dan 3.802 ekor kambing.

Jika secara keseluruhan total hewan kurban di Batam menurun, hal itu berbeda dengan jumlah hewan kurban di Masjid Raya Batam yang justru mengalami peningkatan tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

Ketua Panitia Kurban di Masjid Raya Batam, Syarifuddin mengatakan, peningkatan jumlah hewan kurban tersebut sekitar 15 persen. Jika sebelumnya sebanyak 130 ekor kambing yang disembelih, tahun ini meningkat menjadi 160 ekor kambing.

Begitupun dengan sapi, jika tahun lalu jumlahnya 17 ekor, sekarang menjadi 20 ekor. Dari pihaknya membagikan sebanyak 2.500 kupon pembagian daging kurban kepada masyarakat Batam.

"Di Masjid Raya Batam tak terlalu berpengaruh. Justru terjadi peningkatan. Memang tak semuanya disembelih di Masjid Raya Batam, ada juga yang kami distribusikan ke pulau-pulau sejak beberapa hari lalu," kata Syarifuddin membenarkan, kalau tahun ini juga ada sejumlah warga negara Singapura yang berkurban di Masjid Raya Batam.

Sementara itu, pada perayaan ibadah kurban tahun ini, Wali Kota Batam, Rudi mengajak masyarakat Batam agar bersedia berkorban. Berkorban apa saja, terutama saat ini Pemerintah Kota Batam sedang fokus pada pembangunan infrastruktur. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved