BATAM TERKINI

KPPAD Kepri Mencatat Kasus Kekerasan Terhadap Anak Meningkat. Ini Sarannya untuk Orangtua

Menurut Erry, jumlah kasus kekerasan fisik, eksploitasi anak hingga kekerasan seksual terhadap anak cenderung mengalami peningkatan

KPPAD Kepri Mencatat Kasus Kekerasan Terhadap Anak Meningkat. Ini Sarannya untuk Orangtua
TRIBUNBATAM/LEOHALAWA
Komisioner Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kepri Eri Syahrial 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kepri menilai peran orangtua sangat penting dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap anak.

Menurut Komisioner KPPAD Kepri, Erry Syahrial, orangtua harus lebih berperan aktif dalam menjaga dan melindungi anak-anaknya dari upaya kekerasan terhadap anak.

"Kondisi saay ini harus menjadi perhatian kita dan masyarakat, serta pihak-pihak lainya, untuk mengatasi kasus kekerasan terhadap anak," kata Erry.

Baca: Lokasi 2 Anak Tewas Tenggelam Dipasang Garis Polisi. Ini Pesan Kapolsek Nongsa

Baca: Catur Juliantono, Suporter Timnas yang Tewas Terkena Petasan Idolakan Irfan Bachdim

Menurut Erry,  jumlah kasus kekerasan fisik, eksploitasi anak hingga kekerasan seksual terhadap anak cenderung mengalami peningkatan dan bisa dikatakan mengkhawatirkan.

"Saat ini anak-anak memang sangat rentan menjadi korban. Kita harus berusaha keras dan melakukan pengawasan lebih ketat pada keluarga, baik oleh orangtua, guru, masyarakat atau lingkungan perumahan," ujar Erry.

Menurut Erry, anak harus dilindungi dari upaya eksploitasi secara ekonomi, maupun secara seksual.

Kalau ada pihak-pihak yang melihat ada anak yang dieksploitasi, termasuk oleh orangtuanya sendiri, atau siapapun itu, maka KPPAD menyarakankan agar dilaporkan ke polisi.

Perlu adanya tanggung jawab semua pihak melindungi anak, saat ada anak yang mendapatkan tindak kejahatan, masyarakat diminta segeralah melapor kepada pihak berwajib.

"Itulah bentuk peran serta masyarakat untuk mengurangi kasus kekerasan pada anak," katanya.(*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved