TribunBatam/

Mellennial

Hobi Musik? Coba Mainkan Drum Yuk!

Satu jenis alat musik yang lumayan digandrungi para Mellennials adalah drum. Simak tips dan triknya yuk!

Hobi Musik? Coba Mainkan Drum Yuk!
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mellennial 

MEMILIKI skill bermain musik, rasanya memang menyenangkan. Selain bisa menjadi kegiatan mengisi waktu luang, kalau ditekuni tentu saja akan mengantarkan pada sebuah profesi pemusik dengan penghasilan yang lebih dari cukup.

Ada banyak alat musik yang bisa dipilih sesuai dengan hobi dan bakat masing-masing. Satu jenis alat musik yang lumayan digandrungi para Mellennials adalah drum. Bisa menjadi seorang drummer rasanya memang unch banget, ya guys!

"Drum itu memainkan beat dan tempo lagu. Ada ritme yang harus diikuti pula. Ritme itu seperti pola berulang-ulang sehingga menghasilkan musik yang harmonis," kata Yuesef, musisi dan juri drum competition pada acara PMC Indonesia 2017 di Mega Mall Batam Centre, Minggu (3/9/2017).

Sebelum belajar bermain drum, pastinya kuasai terlebih dahulu bagian dan fungsi-fungsi alat tersebut. Drum kit atau drum set adalah sekelompok drum yang tersusun, yang terdiri dari snare, hi hat, tom-tom, tom floor bass drum, dan terkadang ditambah dengan drum listrik.

Tidak ketinggalan pula piringan yang terbuat dari bahan metal yang berwarna keemasan yang biasa disebut dengan cymbal. Cymbal ini biasanya ada tiga yaitu crash, ride, dan hit-hat.

Untuk teknik bermain drum, ada beberapa teknik dasar bagi pemula, di antaranya adalah rudiments, ritme dasar, dan basik koordinasi (kaki dan tangan). Ketiga hal tersebut yang harus dikuasai agar saat memukul drum bisa menghasilkan musik yang enak didengar.

Rudiments adalah dasar bermain drum atau perkusi lainnya. Rudiments terbilang cukup banyak jumlahnya, namun yang biasa dijadikan acuan adalah 26 Standard American Rudiment, seperti single stroke roll, double stroke roll, paradiddle, flam, drag/ruff, five stroke roll, dan masih ada dua puluh lagi bagian dari rudiment ini.

Bermain instrumen drum tentu sangat berkaitan dengan ritme. Jika kamu bermain drum, kamu harus bisa memilih ritme yang benar untuk setiap lagu. Kamu bisa membaca gaya musik dan pola alur dasar yang ada di chart (lembaran musik).

Satu cara yang paling cepat bisa memahami permainan drum adalah dengan mendengarkan permainan drum dari musisi lain dan segera pilih irama yang sesuai. Setelah memahami alur musik, selanjutnya adalah koordinasi tangan dan kaki saat bermain drum. Keduanya harus sinkron sehingga musik tidak fals.

"Dalam sebuah group band, drum ini penting untuk menjaga tempo, groove, dan rhythm. Drummer memang tidak seharus ada dalam kelompok band melainkan bisa solo drummer, seperti Gilang Ramadhan,"ungkap Yuesef.

Saat bermain drum usahakan duduk dalam posisi yang tegak. Selain itu saat memegang stik drum juga harus dilakukannya dengan baik. Tempatkan posisi ibu jari pada bagian tengah stick drum. Begitu pula saat menginjak pedal bass drum. SELAMAT MENCOBA! (*)

Tips Pegang Stick & Injak Pedal Drum

1. Teknik match grip adalah memegang stick dengan posisi lurus agar mendapatkan tenaga yang cukup keras. Biasanya teknik ini untuk mereka yang sudah profesional.
2. Teknik traditional grip merupakan cara memegang stick drum dengan menyamping dan sedikit lebih pelan. Teknik ini memiliki tujuan untuk membuat suara atau tone yang lembut dan soft. Teknik ini biasa digunakan para drummer dari aliran jazz.
3. Full kick yaitu teknik menginjak pedal bass drum dengan menggunakan seluruh bagian telapak kaki agar menemukan sisi paling stabil dalam mengetuk bass drum.
4. Half kick yakni teknik menginjak drum dengan setengah bagian telapak kaki. Teknik ini menekan engsel lutut sebagai tumpuan. Jadi bisa mengangkat drummber ke atas. Untuk yang suka bertempo cepat teknik ini tentu sangat tepat. (*)

Tags
musik
drum
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help