TribunBatam/

Mustika Rasa

Gurihnya Ayam Geprek Bertabur Kacang dan Wijen ala Daun Pisang Resto

Satu di antara resto yang menyediakan Ayam Geprek adalah Daun Pisang Resto yang berlokasi di Komplek Ruko Palm Spring, Batam Centre.

Gurihnya Ayam Geprek Bertabur Kacang dan Wijen ala Daun Pisang Resto
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

MENU Ayam Geprek makin banyak disajikan warung, kafe, dan restoran di Batam. Menu khas Yogyakarta ini memiliki ciri khas gurih dan disajikan bersama sambal yang pedas.

Sambal yang dihidangkan juga sangat fresh karena biasanya diulek bahan-bahannya masih segar yang diulek langsung di atas ulekan.

Satu di antara resto yang menyediakan Ayam Geprek adalah Daun Pisang Resto yang berlokasi di Komplek Ruko Palm Spring, Batam Centre.

Daun Pisang menawarkan Ayam Geprek yang bercita rasa berbeda dibandingkan tempat lainnya. Menurut Andi, pemilik Daun Pisang Resto (DPR), keistimewaan Ayam Geprek di tempatnya terletak pada bumbu ayam dan sambal yang disajikan.

"Bumbu dari ayam gepreknya spesial dan berbeda. Kami sediakan sambal yang fresh, tidak diolah dari sambal-sambal sebelumnya. Jadi, ada yang pesan baru diulek sambalnya,"kata Andi, Senin (4/9/2017).

Dalam sambal Ayam Geprek terdapat runyah-runyah kacang tanah yang bikin gurih, ditambah taburan biji wijen. Kerenyahan ini berpadu dengan segarnya cabai setan yang terasa begitu pedas. Sajian ini memang pas untuk daging ayam goreng yang renyah dan empuk, berbalut bumbu yang sangat berasa.

Ayam Geprek di sini, tidak disajikan dengan nasi putih biasa melainkan nasi uduk yang juga bercitarasa gurih.

Selain Ayam Geprek, DPR juga menyediakan menu lain yakni Soto Betawi dengan cita rasa berbeda. Jika biasanya Soto Betawi menggunakan santan, tapi di sini disajikan dengan susu cair atau frest milk sehingga rasanya berbeda dari Soto Betawi lainnya.

"Menu favorit lainnya itu ada adalah sate ayam. Sedangkan untuk minuman spesial ada es markisa yang dibuat sendiri atau home made sehingga sangat fresh. Selain itu ada minuman daun pisang fantasy,"tambah Andi.

Untuk menu-menu lainnya, tersedia pula ayam cabe ijo, nasi liwet bakar, 3T cabe ijo, ayam sambal ulek, dan ayam goreng kampung. Yang tidak kalah lezat adalah camilan bakwan jagung dan bubur sumsum.

Daun Pisang Resto terletak di Komplek Ruko Palm Spring blok B2 no. 3, Batam Centre. Dibuka setiap hari dari pukul 09.00 - 21.00 WIB. Harga makanan mulai dari Rp15 ribu - Rp30 ribu. Harga minuman dimulai dari harga Rp6 ribu - Rp28 ribu. (*)

Resep Ayam Geprek ala Daun Pisang Resto

Bahan:
200 gram daging ayam
50 gram kacang tanah
10 gram biji wijen
1/2 buah tomat
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Cabai setan sesuai selera
Garam sesuai selera

Cara Membuat
1. Bersihkan ayam terlebih dahulu, baluri dengan kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam secukupnya yang sudah dihaluskan.
2. Ungkap ayam bersama daun salam, daun jeruk, dan perasan air jeruk sambal. Ungkap hingga air mengering. Angkat dan sisihkan.
3. Goreng ayam hingga matang
4. Sangrai biji wijen dan kacang tanah
5. Goreng cabai setan, bawang merah, bawang putih, dan tomat.
6. Ulek sambal bersama garam masukan kacang tanah, ulek lagi hingga kacang sedikit halus.
6. Masukan biji wijen aduk rata.
7. Letakan sambal di atas ayam yang sudah digoreng. Hidangkan dengan lalapan timun, kol, tempe dan tahu goreng serta nasi panas. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help