TribunBatam/

Mellennial

Cantik dan Gaya Berbalut Busana Overall

Kini berbusana lebar dan tidak sesuai dengan bentuk badan, bahkan tampak seperti pekerja bangunan, menjadi tren.

Cantik dan Gaya Berbalut Busana Overall
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

DULU mengenakan pakaian oversize sedikit terlihat aneh dan terkesan urak-urakan. Namun, kini berbusana lebar dan tidak sesuai dengan bentuk badan, bahkan tampak seperti pekerja bangunan, menjadi tren yang banyak digandrungi para Mellennials.

Mode fashion tersebut dikenal dengan nama overall style, salah satu tren pakaian pada 2017 ini. Sejumlah selebriti Hollywood sudah sering memakai busana yang sedang hits ini.

Sebut saja Emma Stone. Ia tampak mengombinasikan lightly washed denim overall dan sleeveless top. Sehingga memberikan kesan yang sangat casual. Untuk mempermanis gayanya, ia juga memakai sunglasses, backpack , dan angle strap flat sandals.

Lalu, Taylor Swift yang memadukan denim overall hitam dengan crop top putih yang seksi, ditambah sling bag serta angle boots sehingga terlihat lebih maxi.

Ada pula Selena Gomez yang memadukan tank top dengan denim overall dengan potongan baggy di bagian bawahnya. Untuk terlihat lebih santai, Selena mengenakan scraft, handbag, dan flat sandals

"Fashion is your attitude. Kalau kamu berani menggunakan fashion apapun berarti itulah attitude kamu. Pakaian overall sesuai dengan namanya, maka akan terlihat oversize," kata Jeunesa, pemilik Jeunesa Boutique, Selasa (5/9/2017).

Dilihat dari sejarah, gaya busana overall ini sudah ada sejak 1700-an. Saat itu, overall dikenakan para pekerja di Amerika dan Eropa, mulai dari petani, tukang cat, tukang kayu, hingga buruh pabrik.

Karena itu, dulunya overall dianggap sebagai simbol masyarakat kalangan bawah. Pakaian ini dikenakan sebagai pelindung bagi mereka.

Pada 1850-an, muncul warna dan motif pada overall yang menandakan jenis pekerjaan pemakainya. Warna putih untuk tukang cat rumah dan tukang kayu, pin stripe untuk insinyur lokomotif, dan warna biru untuk pekerja lainnya.

Pada 1960-an terjadi revolusi budaya di dunia barat dimana fashion menjadi satu di antara media yang digunakan anak-anak muda dalam mengungkapkan ekspresi mereka.

Dan overalls pun menjadi satu hal yang direvolusi dan diubah menjadi tren untuk semua kalangan sehingga image overall sebagai busana kelas bawah lama kelamaan memudar. Busana ini pun mulai dianggap sebagai pakaian kasual dan fashion statement.

Untuk 2017 ini, kata Jeunesa, overall yang sedang tren berpadu dengan bordir bunga.

“Jadi, di overall kali ini terdapat bordir bunganya. Dengan berbagai jenis warna bunga seperti merah, kuning. Kelihatan overallnya mulai dari bagian pinggul hingga bawahnya," ujar Jeunesa. (*)

Tips Mix & Match Overall
1. Denim overall dapat di-mix dengan t-shirt, terutama t-shirt putih. Bisa yang setengah lengan ataupun lengan panjang.
2. Selain t-shirt, bisa dipasangkan dengan sleepless shir, mid sleeve shirt, sweater, dan cropped top.
3. Agar tidak terlalu berkesan santai, bisa pula dipadukan dengan kemeja semi formal atau sheer blouse, ditambah dengan high heels.
4. Padu padankan dengan trench coat dan flat shoes
5. Kamu juga bisa padukan dengan slip on shoes dengan tambahan simple blazer.
6. Bisa padukan pula dengan sneakers, ankle boots. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help