Terungkap! Inilah Kapal Rute Galang-Tanjungbatu dan Galang-Tanjungpinang. Ini Pelabuhannya!

Terungkap! Inilah Kapal Rute Galang-Tanjungbatu dan Galang-Tanjungpinang. Ini Pelabuhannya!

Terungkap! Inilah Kapal Rute Galang-Tanjungbatu dan Galang-Tanjungpinang. Ini Pelabuhannya!
Humas DPRD Kepri
Sejumlah anggota DPRD Kepri berkunjung ke Pelabuhan Sijantung di Pulau Galang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM TANJUNGPINANG-Pelabuhan Sijantung di Kecamatan Galang, Batam sudah selesai dibangun pada 2017 ini.

Namun, pelabuhan tersebut belum dimanfaatkan banyak operator kapal. Hal inilah yang disoroti anggota Komisi III DPRD Kepri. Sorotan itu disampaikan Komisi III saat meninjau pelabuhan tersebut bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Rabu (6/9/2017) siang.

Baca: Kesal Dengan Artis Inikah? Mulan Jameela Curhat Pakai Bahasa Sunda. Ungkap Fakta Menghebohkan Ini

Baca: Ehem! Pernah Bikin Heboh Foto Syur di Majalah Dewasa, Begini Kabar Presenter Seksi Ini Sekarang

Baca: Terungkap! Inilah 4 Fakta Menghebohkan Gambar Ayam Jago di Mangkuk, Nomor 3 Mengejutkan!

"Operator kapal harus ditambah, selain itu juga rute pelayaran juga musti diperbanyak agar akses ke daerah pulau-pulau lebih mudah lagi seperti ke Lingga atau daerah lainnya", kata Surya Makmur Nasution sebagaimana dirilis Humas DPRD Kepri.

Saat ini memang baru dua operator kapal yang melayani pelayaran di Pelabuhan Sijantung yakni KM Karunia dan KM Istiqomah. Dua operator tersebut melayani pelayaran dari Tanjungbatu, Tanjungbalai Karimun dan Tanjungpinang.

Dia menganjurkan agar Diahub Kepri menambah operator kapal di pelabuhan ini. Hal tersebut harus ditunjang juga dengan sarana dan prasarana pendukung pelabuhan tersebut juga harus dibenahi, misalnya, area parkir, ruang tunggu penumpang dan ketersediaan jaringan listrik dan air.

"Pagar pembatas antara bangunan pelabuhan dan laut sampai ke ponton pelabuhan harus dirapikan lagi untuk keamanan dan kenyamanan penumpang kapal", ungkap Surya.

Saat ini pelabuhan yang berada di Jembatan V ini memang belum begitu diketahui oleh warga. Padahal akses dari pelabuhan ini menuju ke beberapa pulau, antara lain, Tanjungbatu

dan Tanjungpinang lebih cepat ketimbang dari pelabuhan-pelabuhan lain. Pelabuhan tersebut dibangun dengan menggunakan anggaran kota dan provinsi saat ini dikelola oleh Dishub Kepri.

"Jadi agar masyarakat tahu, pelabuhan ini harus dibuka dan diresmikan oleh pemerintah. Otomatis kalau sudah secara resmi dibuka masyarakat akan mengetahui rute-rute mana saja yang dilayani di pelabuhan ini", tegas Surya Makmur.(*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved