Pemkab Bintan Bikin Pelabuhan Baru. Saingi Pelabuhan Kijang? Ini Jawabanya!

Pemkab Bintan Bikin Pelabuhan Baru. Saingi Pelabuhan Kijang? Ini Jawabanya!

Pemkab Bintan Bikin Pelabuhan Baru. Saingi Pelabuhan Kijang? Ini Jawabanya!
Tribun Batam/Aminudin
Ilustrasi. Pelabuhan Kijang, Bintan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Pembangunan pelabuhan bongkar muat baru Teluk Sasah direncanakan bakal digesa pada 2018. Anggarannya sekitar Rp 300 miliar bersumber dari APBN. Hal itu sudah dibicarakan Pemkab Bintan bersama Dirjen Perhubungan Laut Kemenhun RI di Jakarta dua hari lalu.

Bagi PT Pelindo yang saat ini mengelola pelabuhan bongkar muat Kijang, kehadiran pelabuhan baru tentu akan menggairahkan iklim usaha di Bintan. Pelindo percaya, Pelabuhan Kijang tak akan lesu kiprahnya meski kehadiran pelabuhan bongkar muat baru Teluk Sasah yang disebut juga akan berkelas regional.

"Saya pikir tidak. Justru malah akan meramaikan kegiatan kepelabuhanan di Bintan. Soalnya kan segmennya mungkin beda, Pelabuhan Kijang banyak main di peti kemas, kalau Pelabuhan Teluk Sasah mungkin mainnya di kargo,"kata Khairuddin, Kepala Pelindo Tanjungpinang unit Kijang kepada Tribun, Jumat (8/9/2017).

Pelabuhan peti kemas dengan kargo menurut Khoirudin berbeda. Pelabuhan kargo aktifitasnya pada bongkar muat barang alat berat. Sebagai pelabuhan kargo, Teluk Sasah memang cocok sebab dekat dengan kawasan industri di Seri Kuala Lobam.

"Sebetulnya, Pelabuhan Kijang juga masuk kargo, juga melayani penumpang lintas provinsi. Tapi mungkin kalau Teluk Sasah lebih melayani aktifitas bongkar muat bagian utara, sedangkan Kijang lebih ke bagian timur,"kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Yandriansyah mengatakan, pembangunan Pelabuhan Teluk Sasah akan masuk dalam hierarki Pelabuhan Pengumpan Regional. Dimana pembangunan pelabuhan ini,

akan berfungsi melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri, serta akan menjadi pusat pengumpan bagi pelabuhan utama dan pelabuhan pengumpul lainnya. Jadi benar benar keleasnya berbeda dengan lainnya.

"Di Kementerian perhubungan laut sendiri, pelabuhan bongkar muat Teluk Sasah akan masuk dalam hierarki pelabuhan pengumpan regional. Dimana pelabuhan ini masuk dalam kriteria dengan kedalaman maksimal pelabuhan - 7 mLWS, dermaga dengan panjang maksimal 120 m, dan juga jarak dengan Pelabuhan Pengumpan Regional lainnya 20 hingga 50 mil,"kata dia. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved