TribunBatam/

Rupiah Kian Perkasa, Nilai Tukar Terus Menguat

Nilai tukar rupiah makin perkasa menjelang akhir pekan. Rupiah juga berhasil memanfaatkan pelemahan dollar AS dengan baik.

Rupiah Kian Perkasa, Nilai Tukar Terus Menguat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas memperlihatkan pecahan dolar AS yang akan ditukarkan di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Kawasan Blok M, Jakarta 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Nilai tukar rupiah makin perkasa menjelang akhir pekan. Di pasar spot, nilai tukar rupiah menguat 0,6% ke level Rp 13.227 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Jumat (8/9/2017) pukul 10.24 WIB. Ini adalah posisi terkuat rupiah sejak 11 November 2016. 

Sejalan, kurs tengah Bank Indonesia menunjukkan penguatan kurs rupiah ke level Rp 13.284 per dollar AS dari sebelumnya Rp 13.331 per dollar AS. Aliran dana masuk ke pasar obligasi domestik menjadi salah satu pendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap greenback.

(Baca: Bumi Terancam Badai Matahari Terkuat Sepanjang 12 Tahun. Berbahayakah?)

(Baca: Dituding Wanita Matre dan Pemarah, Keluarga Indria Kameswari Angkat Bicara)

(Baca: Ingin Sukses? Ikuti 8 Kebiasaan Para Miliarder Berikut Ini)

"Otoritas yang proaktif, baik itu lewat pemantauan aturan dan manajemen risiko mata uang lewat hedging dan cadangan devisa, menjaga rupiah di level stabil," kata Sook Mei Leong, Souteast Asian head of global market research Bank of Tokyo Mitubishi UFJ kepada Bloomberg.

Rupiah juga memanfaatkan pelemahan dollar AS dengan baik. Indeks dollar AS yang mencerminkan kurs greenback terhadap mata uang utama dunia sedang terperosok ke level rendah.

Hari ini, Bank Indonesia akan merilis data cadangan devisa bulan Agustus. Juli lalu, cadangan devisa berada di level US$ 127,76 miliar. (*)

*Berita ini juga tayang di Kontan dengan judul : Nilai tukar rupiah melejit

Tags
rupiah
kurs
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help