TribunBatam/

Hakim PN Tanjungpinang Diajari Padamkan Api, Begini Kehebohan Simulasi Kebakarannya!

Hakim PN Tanjungpinang Diajari Padamkan Api, Begini Kehebohan Simulasi Kebakarannya!

Hakim PN Tanjungpinang Diajari Padamkan Api, Begini Kehebohan Simulasi Kebakarannya!
TribunBatam/Wahib Waffa
Suasana simulasi pemadaman kebakaran di PN Tanjungpinang, Senin (11/9/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG-Mengantisipasi musibah kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Tanjungpinang mengadakan simulasi mengatasi kebakaran di PN Tanjungpinang.

Selama sejam, petugas Damkar memberikan materi dan praktik penanggulangan bahaya kebakaran.

Baca: Heboh Gaji DPRD Arif Jumana Dicairkan Partai, Begini Jawaban Ketua PAN Bintan!

Baca: Akhirnya Ketahuan! Beginilah Karakter Asli Bella Dua Hari Setelah Nikah, Mengejutkan!

Baca: Ekonomi Kepri Jeblok, BPS Blak-blakan Kritik Pemprov Kepri: Kurang Lincah Genjot APBD!

Baca: Waspadalah! Beginilah 9 Ciri Orang Berwatak Serigala Berbulu Domba, Nomor 4 Paling Berbahaya!

Baik para hakim dan juga pegawai PN nampak serius mengikuti kegiatan yang diinstrukturi oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan ‎Satpol PP kota Tanjungpinang. Mereka menerima materi pemahaman awal dalam penanggulangan kebakaran di pengadilan.

‎"Kita harapkan para pegawai paham cara menanggulanginya seperti apa. Diberi pemahaman soal penanggulangan awal kalau terjadi kebakaran. Seperti bagaimana caranya menggunakan alat tradisional maupun alat pemadaman ringan," ujar Joni Ketua PN Tanjungpinang usai kegiatan, Senin (11/9/2017).

Menurutnya, pemahaman seperti ini wajib dikuasai oleh para pegawai. Pemadaman awal sangat penting sembari menunggu datangnya pemadam kebakaran tiba di lokasi. "Sebelum petugas datang, kita harus tau bagaimana cara mengatasi awal kebakaran agar efektif," ungkapnya.

Dengan alat seadanya pemadaman ini bisa dilakukan dengan menggunakan karung goni basah.‎ Kegiatan ini juga sifatnya wajib berdasarkan intruksi dari Mahkamah Agung agar para pegawai dan juga Hakim mampu mengantisipasi.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Satpol PP dan Pemadam kebakaran Pemko Tanjungpinang‎ Dewy Ambary mengatakan materi yang diberikan hanya sekedar pemadaman tahap awal.

"Jadi fokusnya pemadaman tahap awal. Bagaimana cara memadamkan ketika muncul api dan sumber apinya cepat terpadamkan," kata Dewy.

Ia mengatakan penanggulangan ini penting agar para pegawai sigap dalam melokalisir munculnya api. Hal ini tentunya untuk mengurangi kerugian yang lebih besar dari kebakaran tersebut. (*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help