TribunBatam/

Bentuk Tim Inventarisasi Eks Transmigram, Ini Misi Pemkab Anambas!

Bentuk Tim Inventarisasi Eks Transmigram, Ini Misi Pemkab Anambas! Begini Peta Mata Pencarian Eks Transmigran!

Bentuk Tim Inventarisasi Eks Transmigram, Ini Misi Pemkab Anambas!
Tribun/Septyan Mulia Rohman
Ilustrasi kantor Pemkab Anambas 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-‎Dinas penanaman modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas bakal membentuk tim untuk menginvetarisir para x-transmigran.

Baca: Mengejutkan! Habis Malam Pertama Suami Cuci Piring, Begini Komentar Laudya Chintya Bella!

Baca: Heboh Gosip Teuku Wisnu Poligami, Shireen Sungkar Berikan Jawaban Mengejutkan Ini

Tim yang nantinya akan melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta instansi terkait ini, diakui Nawarlis Kepala Bidang transmigrasi dilakukan untuk mendata jumlah x-transmigran yang ada di Anambas.

"Insya Allah di Perubahan APBD ini akan kami lakukan. Jadi membentuk satu tim yang nantinya menginventarisir mereka, termasuk mensinkronkan dengan pihak terkait seperti bidang transmigrasi di Provinsi dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Nantinya juga melibatkan‎ narasumber dari OPD yang ada di Anambas," ujarnya Selasa (12/9/2017).

Ia menambahkan, saat ini transmigrasi yang ada sejak Anambas belum menjadi kabupatensudah diserahkan kepada Pemerintah Daerah. Semenjak menjadi kabupaten pun, tidak ada lagi pembinaan ‎yang dilakukan kepada para transmigran yang diketahui mulai masuk ke Anambas sekitar tahun 90-an itu.

Alokasi serta dukungan dari Pemerintah Daerah pun, diakuinya diminta oleh Pemerintah Pusat pada tahun-tahun berikutnya. "Yang ada saat ini eks transmigrasi. Dan ini sudah diserahkan kepada Pemda. Untuk tahun-tahun berikutnya, untuk transmigrasi Pemda yang harus mendukung. Sebelumnya kan dari pusat," ungkapnya.

‎Tidak hanya melakukan inventarisir, pihaknya secara bertahap juga bakal melakukan identifikasi potensi untuk lokasi transmigrasi pada tahun 2018 mendatang. Nantinya, mereka akan turun ke sejumlah kecamatan yang ada di Anambas untuk mencari lokasi yang pas untuk dijadikan lokasi transmigrasi baru.

"Ini bila mendapat persetujuan. Jadi, nantinya akan turun ke tujuh kecamatan untuk mencari lokasi baru tersebut. Tentunya dengan mendapat persetujuan masyarakat setempat," bebernya.

Seperti diketahui, para eks transmigran kini banyak mendiami Kecamatan Jemaja Timur. Mereka pun diketahui masih banyak yang menggantungkan hidup dari bercocoktanam, meski ‎tidak sedikit yang kini beralih profesi, menjadi nelayan. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help