TribunBatam/

Mustika Rasa

Nikmat dan Lezatnya Pempek Ikan Tenggiri ala Pempek Colekta

Pempek memiliki beberapa jenis, yakni lenggang, lenjer, kapal selam, kulit, telur, dan lainnya. Biasanya terbuat dari ikan tenggiri.

Nikmat dan Lezatnya Pempek Ikan Tenggiri ala Pempek Colekta
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mustika rasa 

MAKANAN pempek, tentu saja sudah sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Sajian khas Palembang ini terkenal karena rasanya yang enak dari bahan dasar ikan.

Lebih nikmat lagi, saat disantap dengan kuah cuka berwarna hitam yang terasa pedas-manis serta segar karena ada potongan timun di dalamnya.

Dilihat dari bentuknya, pempek ini memiliki beberapa jenis, yakni lenggang, lenjer, kapal selam, kulit, telur, dan lainnya. Pempek yang paling enak dan original biasanya diolah dari ikan tenggiri.

Pempek original ini bisa didapatkan di Pempek Colekta yang ada di Mega Mall, Batam Centre.

“Pempek Colekta menggunakan ikan tenggiri yang berkualitas, sehingga tidak heran jika ikannya sungguh terasa walaupun sudah dicampur dengan adonan tepung. Bahkan, meski sudah dicampur dengan cuko (cuka). Ini resep ibu saya sendiri yang memang asli orang Palembang,”kata Andy, pemilik Pempek Colekta, Jumat (8/9/2017).

Untuk membuat pempek lenggang, bisa menggunakan pempek lenjer kemudian dipotong-potong dan dimasukan ke dalam kocokan telur dan digoreng layaknya telur dadar atau omelet.

Pempek terasa sangat gurih, lembut, tapi tidak terlalu kenyal. Saat masih dalam keadaan hangat, pempek sangat enak disantap karena masih crispy.

Melengkapi menu pempek, tidak ketinggalan adalah tekwan. Tekwan juga diolah dari ikan tenggiri. Kuahnya begitu segar karena menggunakan sotong kering dan udang kering sebagai rencah di dalamnya.

Untuk pilihan lain, juga terdapat beberapa menu dari mie seperti mie ayam dan mie goreng dimana mienya dibuat sendiri atau home made.

Menu lain yang tidak kalah menggiurkan di sini adalah nasi kuning ayam. Ayamnya diolah menjadi ayam kalasan yang sangat garing dan gurih. Daging ayam juga terasa manis karena terdapat campuran gula merah. Rasa gurih dan manisnya bahkan terasa hingga ke tulang ayam.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help