TribunBatam/

BATAM TERKINI

Kehabisan Obat hingga Jemaah Haji Hilang. Ini Dia Ujian Panitia Haji Kloter 6 Batam

Meski hampir semua proses ibadah haji berjalan secara lancar, namun ada sejumlah kendala yang ternyata dirasakan panitia.

Kehabisan Obat hingga Jemaah Haji Hilang. Ini Dia Ujian Panitia Haji Kloter 6 Batam
Tribun Batam/Dewi
Calon Jamaah Haji saat melakukan registrasi di Embarkasi Batam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Stok obat yang kosong ditambah lagi ada jemaah haji (JH) yang hilang di Arab Saudi, menjadi ujian saat pelaksanaan ibadah haji, khususnya di kelompok terbang (kloter) 6 Debarkasi Batam.

Hal itu disampaikan Ketua kloter 6 Debarkasi Batam, Saharudin Kasim Abdullah dalam laporannya saat berada di Asrama Haji Batam, Rabu (13/9/2017).

“Kendala yang dihadapi antara lain jumlah persediaan obat yang kurang, sehingga sebelum pelaksanaan haji berakhir obat sudah habis. Sementara banyak jemaah kami yang sakit,” kata Saharudin dalam rilis yang diterima Tribun.

Adanya jemaah haji yang hilang juga menjadi satu kendala tersendiri. Syukurnya, jemaah itu bisa kembali lagi dalam kelompoknya setelah dicari petugas.

“Di sini saya merasakan kerjasama petugas sebagai tim sangat kuat, termasuk kerja keras Karu dan Karom. Tanpa bantuan Karu dan Karom, mustahil kerja petugas kloter bisa lancar," ujar dia.

(Baca: Tiap Hari Mati Lampu, Ini 7 Alasan Bright PLN Batam Terkait Pemadaman Bergilir)

(Baca: Pemerintah Diam Soal Pemadaman Listrik, DPRD Batam Akan Lakukan Hal Ini)

(Baca: Pemadaman Listrik Ganggu Warga, DPRD Batam Minta Gubernur Segera Bertindak)

Sementara itu, Wakil Bupati Pelalawan Zardewan yang menyambut kedatangan para jemaah berpesan, agar setibanya di daerah, jemaah tetap menjaga kesehatan.

“Periksa ke pusat kesehatan terdekat jika sakit, karena saya lihat semua pada batuk. Di daerah, Pemerintah sudah menyiapkan penyambutan. Tolong jaga kemabruran haji juga dengan meningkatkan kesalehan sosial," kata Zardewan.

Jemaah Haji Kloter 6 BTH berjumlah 445 jemaah, dengan rincian Siak (Riau) 249 jemaah, Pelalawan (Riau) 189 jemaah dan Kota Jambi (Jambi) dua jemaah ditambah lima orang petugas. Dengan demikian total jemaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air via Debarkasi Batam berjumlah 2.679 orang.

Terdapat dua jemaah haji yang mutasi, masuk ke dalam Kloter 6 BTH atas nama Johni Najwan Linar Syaban asal Kota Jambi dari Kloter 21 dan Evi Sholia Rozina asal Kota Jambi dari Kloter 21.

Disamping itu, terdapat pula tiga jemaah haji Kloter 6 BTH yang meninggal di Arab Saudi. Mereka atas nama Samidi Citro Sentono asal Siak (Riau), Risda Yarni Muhammad Rasyid asal Siak (Riau) dan Hasan Basri Zakaria asal Siak (Riau). (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Jumat 15 September 2017

Tags
haji
Batam
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help