TANJUNGPINANG TERKINI

Ribuan Siswa TK Ikut Manasik Haji, Wali Kota Tanjungpinang Lakukan Tahalul ke Jamaah Haji Kecil

Ribuan murid Raudhatul Atfal (RA) dan Taman Kanak-kanak (TK) Islam se- Kota Tanjungpinang mengikuti kegiatan manasik haji cilik di Lapangan Dewa Ruci.

Ribuan Siswa TK Ikut Manasik Haji, Wali Kota Tanjungpinang Lakukan Tahalul ke Jamaah Haji Kecil
TRIBUNBATAM/M IKHWAN
Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah diberi kesempatan untuk mencukur rambut para peserta haji cilik yang melaksanakan rukun haji tahalul saat acara latihan manasik haji anak TK di Tanjungpinang, Sabtu (16/9/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Ribuan murid Raudhatul Atfal (RA) dan Taman Kanak-kanak (TK) Islam se- Kota Tanjungpinang mengikuti kegiatan manasik haji cilik di Lapangan Dewa Ruci, Sabtu (16/9/2017).

Kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Guru Raudhatul Aatfal (IGRA) Kota Tanjungpinang tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah.

Para peserta manasik haji cilik yang sudah mengenakan pakaian ihrom ini melakukan rangkaian manasik ibadah haji mulai dari melempar jumroh, tawaf, kemudian meminum air zamzam, sa'i dan tahalul.

Dengan dipandu oleh guru masing-masing, anak-anak tanpak bersemangat dan bergembira mengikuti kegiatan manasik haji tersebut.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah yang hadir pada acara tersebut diberi kesempatan untuk mencukur rambut para peserta haji cilik yang melaksanakan rukun haji tahalul. Lis yang mengenakan baju putih tampak berbaur dengan jemaah haji yang mengenakan pakaian ihrom yang serba putih pula.

Lis berharap ke depan kegiatan tersebut bisa dikemas sedemikian rupa untuk disejalankan dengan Pekan Muharram. Sehingga gaungnya lebih besar.

"Ini bukan sekadar seremonial belaka, tapi tujuannya untuk menanamkan nilai akhlak dan religi," katanya.

Baca: NGERI. Beginilah Kronologi Terlindasnya Ketua Klub Motor hingga Tewas Bersimbah Darah

Baca: TERUNGKAP! Siswa SMA Ini Dihajar hingga Tewas, Temannya Hanya Merekam

Baca: Jalani Perawatan Medis, Tengku Mukhtarudin Batal Bersaksi di Pengadilan

Sementara itu, Ketua IGRA Eni Riyatih menjelaskan, kegiatan manasik haji cilik tersebut diikuti sebanyak 1.030 murid. Mereka berasal dari 20 RA dan 7 TK Islam se-Kota Tanjungpunang.

"Agar lebih terkoordinir kita bagi peserta manjadi beberapa keloter. Tahun ini ada enam keloter. Karena memang pesertanya lebih banyak dari tahun lalu," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan kecintaan anak-anak terhadap Islam lebih meningkat. Selain itu, anak-anak juga mengerti bahwa pelaksanaan ibadah haji yang menjadi rukun islam ke lima.

"Ini kegiatan rutin yang sudah kita laksanakan sejak tahun 1993. Kedepan mudah-mudahan bisa kita laksanakan lebih meriah lagi. Karena antusiasme orang tua dan murid cukup baik," katanya. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Minggu 17 September 2017

Penulis: M Ikhwan
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved