BATAM TERKINI

Sebut Siswa Bodoh Termasuk Bullying. Pahami Kekerasan di Dunia Pendidikan

Bentuk kekerasan di lingkungan sekolah sendiri di antaranya dapat berwujud menjewer, mencubit, menendang, membentak dengan suara keras dan kasar.

Sebut Siswa Bodoh Termasuk Bullying. Pahami Kekerasan di Dunia Pendidikan
www.123rf.com
Ilustrasi bully 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Saat ini, ramai terjadi kekerasan naik di lingkungan rumah maupun di sekolah.

Bentuk kekerasan di lingkungan sekolah sendiri di antaranya dapat berwujud menjewer, mencubit, menendang, membentak dengan suara keras dan kasar, mencap dengan sebutan jelek atau jahat dan bentuk kekerasan psikis lainnya.

Hal tersebut termasuk perundungan atau 'bullying' yang tren saat ini.

Hal itu disampaikan Kaur Bin Ops Satuan Reserse Kriminal Polresta Barelang, Aiptu Puji Hastuti, Rabu (20/9/2017) di ruang lantai IV Gedung Wali Kota Batam.

Puji yang menjadi narasumber seminar dan lokakarya Dewan Pendidikan Kota Batam bersama penyelenggara PAUD Kota Batam mengangkat topik 'Pencegahan Tindak Kekerasan terhadap Anak dalam Dunia Pendidikan'.

Baca: Saat Korut Luncurkan Rudal Lintasi Jepang, AHY Sedang di Tokyo. Begini Kesaksiannya

Baca: Ungkap Peran Setnov dalam Kasus e-KTP, KPK Periksa Enam Saksi

Baca: Setelah Berstatus Presiden, Jokowi Sedih Tak Bisa Lakukan Ini

"Menyebut dengan kata bodoh, malas, nakal ini yang paling sering terjadi. Sebaiknya dihindari. Hormatilah orangtuanya," kata Puji di hadapan puluhan tenaga pendidik untuk jenjang PAUD di Kota Batam.

Dikatakan, perlindungan hukum dan keamanan bagi guru dalam menjalankan profesi sampai sekarang, memang belum ada rumusan atau pedoman kerja yang komprehensif.

Tak jarang hal-hal tersebut, walaupun terlihat sepele, namun berujung dengan laporan ke kantor polisi. "Tapi sebisa mungkin kami melakukan upaya mediasi," ujar dia. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Kamis 21 September 2017

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help