Mellennial

Mumpung Tahun Baru, Yuk Waktunya Intropeksi Diri!

Bicara soal sejarah tahun baru hijriah, tahun baru Islam berawal saat menentukan tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Mumpung Tahun Baru, Yuk Waktunya Intropeksi Diri!
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mellennial 

SELAMAT tahun baru Islam atau tahun baru hijriah bagi umat muslim yang merayakannya. Tidak terasa berdasarkan penanggalan hijriah sudah memasuki tahun 1439 H (hijriah).

Tahun baru Islam ini, tentu saja memberikan makna yang sangat dalam bagi umat Islam. Sebelum memaknai tahun baru Islam, ada baiknya kita juga harus tahu arti dari tahun baru Islam itu sendiri.

"Tahun baru Islam itu dimulai sejak hijrah atau pindahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah," kata Mega Setia Putri, anggota Liqo di Masjid Raya Batam, Rabu (20/9/2017).

Bicara soal sejarah tahun baru hijriah, tahun baru Islam berawal saat menentukan tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Hal ini tidak lepas dari fakta sejarah bahwa pada zaman sebelum Nabi Muhammad SAW, orang-orang Arab tidak menggunakan tahun dalam menandai apapun tetapi hanya menggunakan hari dan bulan sehingga hal itu sungguh membingungkan.

Seperti halnya ketika Nabi Muhammad lahir yang disebut pada tahun gajah karena tidak ada penggunaan angka dalam tahun tersebut.

Sebab itu, sahabat Nabi yakni Utsman bin Affan, Ali Bin Abi Thalib, dan Thalhan bin Ubaidillah berkumpul untuk menentukan kalender Islam.

Beberapa usulan untuk menetapkan tahun baru Islam diperdebatkan, mulai dari mengusulkan kelahiran Nabi Muhammad, sejak Nabi Muhammad menjadi Rasul, dan akhirnya usulan yang diterima adalah milik Ali Bin Abi Thalib yang mengusulkan agar kalender hijriah Islam dimulai sejak Nabi Muhammad hijriah dari Mekah ke Madinah.

Tahun baru Islam sama halnya dengan tahun baru internasional atau masehi yaitu setiap tahunnya bertambah satu angka.

Jika tahun baru masehi diawali setiap tahun pada 1 Januari, maka di tahun hijriah diawali dari bulan Muharam kalender Islam dan tanggalnya tentu saja berubah-ubah jika dilihat dari kalender Masehi.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help