BATAM TERKINI

Minimalkan Kebocoran, Dishub Batam Bakal Ubah Sistem Parkir Gunakan Cara Ini

Untuk meminimalkan kebocoran dan lepasnya target tersebut, ke depannya, Dishub berencana mengelola pelayanan parkir menggunakan teknologi ini.

Minimalkan Kebocoran, Dishub Batam Bakal Ubah Sistem Parkir Gunakan Cara Ini
TRIBUNBATAM/DOK
Ilustrasi retribusi parkir 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengakui, target pemasukan untuk pelayanan parkir tahun 2017 ini sebesar Rp 6 miliar.

Angka tersebut masih jauh lebih kecil dibandingkan target yang akan dipasang sebelumnya sebelum revisi yakni sebesar Rp 30 miliar.

"Asumsi ketika itu, bisa sama dengan cara parkir berlangganan. Tetapi karena berbagai hal, sistem parkir berlangganan belum bisa diterapkan. Karena itu dilakukan revisi target menjadi Rp 6 miliar untuk tahun ini,” tegas Yusfa.

Hanya saja, meskipun target sudah direvisi, pemasukan riil dari retribusi parkir di lapangan mulai Januari hingga Agustus 2017 hanya sekitar Rp 3 miliar.

Baca: Perusahaan Diawasi BIN, Yusfa Tak Yakin Karcis Parkir Bisa Dipalsukan

Baca: Pemasukan Tarif Parkir Bocor, Diduga Akibat Kesalahan Sistem Ini

Baca: Karcis Parkir Palsu Mulai Marak di Batam. Begini Cara Membedakannya

Dia mengungkapkan, untuk meminimalkan kebocoran dan lepasnya target tersebut, ke depannya, Dishub berencana mengelola pelayanan parkir menggunakan teknologi aplikasi.

Dengan cara itu, penarikan retribusi bisa menggunakan transaksi nontunai seperti dalam program pemerintah untuk mengurangi transaksi tunai.

"Ini juga nanti bisa mengurangi kebocoran-kebocoran parkir liar dan peredaran karcis palsu. Ini yang sedang kami persiapkan," ujarnya. (*)

Penulis: Efendi Wardoyo
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help