BATAM TERKINI

ALAMAK! Didominasi Alasan Hamil di Luar Nikah, Jumlah Pemohon Pernikahan di Bawah Umur di Batam Naik

Pengajuan dispensasi nikah anak di bawah umur di Kota Batam jumlahnya terus naik. Dan kebanyakan akibat pergaulan bebas hingga hamil di luar nikah.

ALAMAK! Didominasi Alasan Hamil di Luar Nikah, Jumlah Pemohon Pernikahan di Bawah Umur di Batam Naik
cloudfront
ilustrasi cicin pernikahan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Pengajuan dispensasi nikah anak di bawah umur di Kota Batam jumlahnya terus naik. Hal ini diduga akibat kurangnya perhatian orangtua terhadap anak, sehingga anak terjerumus pergaulan bebas.

Berdasarkan data dari Pengadilan Agama Kota Batam, pengajuan dispensasi nikah anak di bawah umur pada 2017 mulai Januari sampai Septembermeningkat jadi 13 pengajuan. Padahal, pada 2016, hanya ada 9 pengajuan dispensasi nikah di bawah umur.

"Pengajuan dispensasi nikah di bawah umur tahun 2017 memang meningkat, sebab dalam 9 bulan pengajuan nikah di bawah umur sudah melebihi tahun lalu, sehingga bisa dikatakan terjadi peningkatan,"ujar Ifda Humas pengadilan agama Kota Batam 

Ifda juga menjelaskan, dari sejumlah pengajuan di tahun 2017 data yang mereka terima, usia dominan berada pada kisaran usia 16-18 tahun untuk laki-laki. Sedangkan untuk yang perempuan kisaran usia 14-15 tahun. 

Baca: MEMILUKAN! Wanita Ini Tewas Seketika Setelah Pegang Tembok di Pinggir Jalan. Ternyata Ini Sebabnya

Baca: ASTAGA! Masih Muda Tapi Dua Orang Ini Sudah 42 Kali Curi Motor di Batam

Baca: Lagi Beraksi Pemilik Rumah Pulang, Maling Nekat Sembunyi di Plafon. Begini Nasib Selanjutnya

"Rata-rata para orangtua yang mengajukan permohonan salah satunya hubungan anak yang sudah terlalu dekat dan ada juga yang dikarenakan hamil di luar nikah," ujarnya 

Dia juga menerangkan, Permohonan dispensasi nikah di bawah umur yang dikatakan hubungannya sudah sangat dekat, salah satunya adalah hubungan terhadap anak yang sudah sangat dekat dan tidak bisa terpisahkan lagi, sebab apabila tidak di nikahkan atau dibubarkan akan berakibat fatal terhadap anak, seperti mengarah keperlakuan perzinahan dari kedua pasangan atau lain sebagainya.

"Hal yang seperti inilah yang ditakuti kedua orangtua pasangan tersebut, sehigga menjadi pertimbangan permohonan nikah di bawah umur dari kedua orangtua sang anak jika dilakukan pemisahan atau sebaliknya,"ujarnya. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Kamis 28 September 2017

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved