TribunBatam/

BATAM TERKINI

Antisipasi Penumpang Gelap, Kini Boarding Pass Pelabuhan Domestik Sekupang Gunakan Barcode

Penerapan sistem Barcode pada Boarding Pass penumpang saat ini, masih dalam percobaan belum maksimal dilakukan.

Antisipasi Penumpang Gelap, Kini Boarding Pass Pelabuhan Domestik Sekupang Gunakan Barcode
TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
Suasana pelabuhan Domestik Sekupang, Sabtu (30/9/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Pengelola Pelabuhan Domestik Sekupang mulai menggunakan sistem barcode untuk boarding pass di pelabuhan. Penerapan sistem barcode ini selain untuk mengantisipasi penumpang gelap, juga untuk memudahkan manifest, Sabtu (30/9/2017). 

Wakil Manager Pengelolah Pelabuhan Domestik Sekupang, Jhonson mengatakan, penerapan sistem Barcode pada Boarding Pass penumpang saat ini, masih dalam percobaan belum maksimal dilakukan.

Sebab untuk petugas penginputan nama ke sistem pembuatan barcode boarding pass penumpang, belum maksimal dilakukan oleh petugas tiap konter tiket, karena masih dalam proses belajar terhadap pengimputan dan pengeluaran sistem Barcode Boarding Pass tersebut.

"Saat ini masih tahap percobaan dan petugas untuk penginputan data ke sistem barcode masih belajar, jadi kita masih menggunakan kartu pass yang biasa, akan tetapi pemberian dan pembuatan boarding pass barcode masih tetap dilakukan," ujarnya.

Baca: Ratusan Imigran Tanam 1.000 Pohon di Kebun Raya Batam

Baca: Dahsyatnya Letusan Gunung Agung 1963. Saksi Mata : Bumi Hitam Semua Gelap, Hujan Batu Disertai Api

Baca: Unggahan di Medsos Dianggap Bahaya, Mulai Hari Ini Jonru Ditahan Polisi

Dia menjelaskan, pembuatan sistem barcode ini, guna untuk mengantisipasi penumpang gelap dan juga memudahkan manifest di pelabuhan domestik Sekupang.

"Dari informasi yang kita dapatkan selama ini ada beberapa  keluhan-keluhan, ada penumpang gelap atau sebagainya, sehingga kita pakai sistem barcode ini," ujarnya 

Dia mengatakan, boarding pass pelabuhan tersebut nantinya akan disatukan dengan tiket kapal setiap penumpang yang di jual di tiap konter yang ada saat ini di lantai dua gedung baru PDS dan petugas penjual tiketlah nantinya yang akan memberikan memasukkan data penumpang ke sistem dan mengeluarkan boarding pass tersebut.

"Saat ini kita juga sudah sudah menyediakan reader barcode, untuk boarding pass barcode yang dibuat bersamaan dengan tiket," ujarnya. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Minggu 1 Oktober 2017

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help