Mencari Ikan Tanpa Izin, Kasus KM Kecapi II Toke Ikan Kijang Masuk Pengadilan!

Mencari Ikan Tanpa Izin, Kasus KM Kecapi II Toke Ikan Kijang Masuk Pengadilan!

Mencari Ikan Tanpa Izin, Kasus KM Kecapi II Toke Ikan Kijang Masuk Pengadilan!
tribunbatam/aminnudin
Kapal Patroli PDSKP 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Berkas kasus pelanggaran kapal KM Kecapi II milik toke ikan asal Kijang, Bintan Timur akan segera dilimpahkan ke kejaksaan untuk disidangkan ke Pengadilan Perikanan di Tanjungpinang.

Baca: Heboh Rahasia Tusuk Konde Bu Tien Soeharto! Benarkah Pilot TNI AU Kena Tampar Paspampres Gegara Ini?

Baca: Terungkap! Inilah 4 Fakta Menarik Surat Perjanjian Cerai Bung Karno-Ibu Inggit, Isinya Mengejutkan!

Baca: Terungkap! Inilah Skandal Kelam Dunia Pramugari: Bercinta dengan Penumpang hingga Kode Mesum Pilot!

Baca: Terungkap! Inilah Fakta-fakta Jenderal Ahmad Yani Yang Tak Terungkap. Kisahnya Bikin Merinding!

“Dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke kejaksaan,” kata Samsul, Penyidik Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam.

Sebelumnya, pangkalan PSDKP Batam menangkap kapal ikan KM Kecapi II di Pulau II, Lingga yang berbatasan dengan perairan Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Samsul berharap, kasus KM Kecapi II bisa menjadi pelajaran bagi kapal tangkap ikan nakal lainnya untuk tidak melakukan pelanggaran dan merugikan daerah.

Aktifias ilegal KM Kecapi II sudah lama diintai tim patroli pangkalan PSDKP Batam sejak 2016. Ini setelah kapal tercatat selama itu tidak pernah mengajukan izin Surat Laik Operasi (SLO) tapi terus beraktifitas menangkap ikan di laut sampai di luar zona rekomendasi tangkap dari pelabuhan terdekat.

Izin SLO sendiri dikeluarkan Satker PSDKP. Namun SLO juga mencakup izin lain diantaranya SIPI yang dikeluarkan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepri.

SIPI mencakup identitas kapal, jenis alat penangkapan ikan dan spesifikasi kapal. Didalamnya juga memuat informasi kewajiban pelunasan pungutan hasil perikanan (PPHP) yang juga bagian dari sumber penghasilan daerah dari sektor tangkap ikan.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help