Misa Perdana Uskup Pangkal Pinang di Batam! Lakukan Perjamuan Kudus, Uskup Turun Layani Umat!

Misa Perdana Uskup Pangkal Pinang di Batam! Lakukan Perjamuan Kudus, Uskup Turun Layani Umat Katolik!

Misa Perdana Uskup Pangkal Pinang di Batam! Lakukan Perjamuan Kudus, Uskup Turun Layani Umat!
tribunbatam/leo halawa
Imam Katolik sedang melayani umat saat perjamuan kudus pada misa perdana kerja Uskup Pangkal Pinang Mgr Adrianus Sunarko OFM di Indoor Sport Hall Temenggung Abdul Jamal Batam Minggu (1/10/2017) siang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Meski diselingi hujan yang membasahi sekitar lapangan indoor Sport Hall Temenggung Abdul Jamal Batam, tak menyurutkan niat belasan ribu umat Katolik di Batam mengkuti misa perdana dari Uskup Pangkal Pinang Mgr Adrianus Sunarko OFM.

Baca: Heboh Rahasia Tusuk Konde Bu Tien Soeharto! Benarkah Pilot TNI AU Kena Tampar Paspampres Gegara Ini?

Baca: Unik! Pengadilan Ini Wajibkan Pasutri Lulus Ujian Jika Ingin Bercerai! Soal Ujiannya Bikin Ngakak!

Baca: Terungkap! Inilah 4 Fakta Menarik Surat Perjanjian Cerai Bung Karno-Ibu Inggit, Isinya Mengejutkan!

Baca: Terungkap! Inilah Fakta-fakta Jenderal Ahmad Yani Yang Tak Terungkap. Kisahnya Bikin Merinding!

Misa perdana yang digelar Minggu (1/10/2017) pukul 10.00 WIB tadi, terpantau berjalan lancar. Mobil Gegana milik Brimob Polda Kepri terparkir dan puluhan personel polisi dan keamanan terpadu lainnya berjaga-jaga.

Uskup Pangkal Pinang Mgr Adrianus Sunarko OFM yang memimpin ibadah raya mengambil thema nats Alkitab dari Mazmur 97:1 yang berbunyi 'Tuhan adalah raja. Biar lah bumi bersorak sorai, biar lah banyak pulau bersuka cita'

Mengingatkan thema nats Alkitab yang diterambil dari gubahan Nabi Daud itu semasa hidup, Uskup mengharapkan umat Katolik menjadi berkat bagi orang lain.

Dalam paparan Uskup, sengaja mengambil tema pulau bersuka cita. Dikenal, wilayah keuskupan Pangkal Pinang yang membawahi dua provinsi yakni Pangkal Pinang itu sendiri dan Provinsi Kepri terdiri dari ratusan pulau. Kendati, umat diharapkan bersorak sorai, dan biar lah banyak pulau bersuka cita dalam segala keadaan.

Karena menurut Uskup, sejatinya dalam hidup berdampingan, persoalan perbedaan bukan lagi menjadi perdebatan. Dan bukan lagi persoal. Terpenting adalah tetap bersuka cita antara satu dengan lainnya.

Terakhir pantauan Tribun Batam adalah perjamuan kudus. Perjamuan kudus yang dipimpin Uskup, dibantu belasan Romo atau Pastur dan pengerja gereja melayani umat Katolik.

Para Pastur yang ditugaskan menyembangi ribuan umat lainnya yang berada di bawah tenda luar. Hujan pun tetap turun. Seolah bukan soal bagi Pastur melayani umatnya turun dari altar ke bawah.

Sekadar diketahui, Misa perdana ini, kumandang lagu-lagu rohani menyemarakan situasi. Seperti lagu Haleluyah dan beberapa pujian-pujian lainnya.

Prosesi yang teroganisir saat misa ini dimulai dengan urutan Ceremoniarous 1, Misdinar pembawa Dupa, Misdinar pembawa salib, Misdinar pembawa lilin, para pelayan altar, para Imam, Imam Ceremoniarous 2 pembawa Evangialiarium, dua Imam Konselebran, Uskup, dan Misdinar pembawa mitra dan tongkat kebesaran Uskup.(*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help