TribunBatam/

Motion

Komunitas Blogger Karimun, Bertekad Memerangi Informasi Hoax

Komunitas ini lahir dari beberapa warga Karimun yang sehari-hari bergelut dengan dunia maya. Mereka memiliki blog pribadi ataupun kelompok.

Komunitas Blogger Karimun, Bertekad Memerangi Informasi Hoax
TRIBUNBATAM/ELHADIF PUTRA
Motion 

KOMUNITAS Blogger Karimun muncul sebagai satu kepedulian sejumlah masyarakat yang memiliki kesamaan keinginan untuk menolak berita hoax.

Warga yang anti-berita hoax tersebut pun berkumpul bersama menyatukan visi agar masyarakat semakin sadar bahwa tidak semua tulisan-tulisan di internet adalah benar adanya, melainkan banyak yang hoax alias bohong belaka.

Sesuai namanya, komunitas ini lahir dari beberapa warga Karimun yang sehari-hari bergelut dengan dunia maya. Mereka memiliki blog pribadi ataupun kelompok.

Para anggota komunitas ini berlatarbelakang berbeda-beda, namun komunikasi yang terjalin sudah sangat intens di dunia maya.

Mereka juga sering bertemu dan berdiskusi secara langsung. Para anggotanya, ada yang berprofesi sebagai pensiunan PNS, guru, operator sekolah, polisi, pekerja swasta, pelajar dan lainnya. Saat ini anggota Komunitas Blogger Karimun berjumlah belasan orang.

Setelah beberapa kali melakukan rapat, para blogger sepakat membentuk komunitas, tepatnya pada Sabtu, 23 September 2017, lalu.

"Pertama-tama itu, waktu saya bersama Cak Adi jumpa netizan di Batam. Lalu jumpa Pak Kasat (Kasat Intelkam Polres Karimun, AKP Daeng Riandika Mahardani), kemudian pertemuan sekitar tiga kali, yang membahas tentang kekhawatiran kami soal banyaknya beredar berita hoax dan ujaran kebencian di dunia maya. Setelah itu, baru kami bentuk komunitas," jelas Sekretaris Komunitas Bloggre Karimun, Narno, belum lama ini.

Ketua Ketua Komunitas Blogger Karimun, M Rasyid Nur, menambahkan pembentukan juga lahir dari inisiatif pihak kepolisian yang ingin memerangi maraknya hoax yang sudah meresahkan masyarakat. Karena memiliki padandangan yang sama dengan kepolisian, akhirnya para netizen itu membuat terobosan dalam memerangi hoax.

"Komunitas Blogger Karimun ini independen. Tapi ketika diminta ikut menangkal berita hoax maka kita ikut. Karena saat ini secara nasional hoax juga sudah sangat meresahkan," ujar Rasyid. (*)

Berbagi Ilmu Menulis

Halaman
123
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help