TribunBatam/

Mellennial

Cobain Yuk, Motor Listrik. Modelnya Makin Gaul dan Trendy

Satu ciri motor berkonsep “back to nature” adalah maraknya penggunaan listrik sebagai tenaga utama motor tersebut.

Cobain Yuk, Motor Listrik.  Modelnya Makin Gaul dan Trendy
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mellennial 

"BACK to nature" yang menjadi tema besar dalam dunia fashion dan make-up tahun 2017 ini, juga digunakan dalam mengangkat tren baru dinia otomotif, khususnya sepeda motor.

Satu ciri motor berkonsep “back to nature” adalah maraknya penggunaan listrik sebagai tenaga utama motor tersebut.

Motor tidak lagi menggunakan bio fuel maupun bahan bakar fosil melainkan memanfaatkan aki atau baterai yang bisa dicas ulang melalui tenaga listrik.

"Ini mulai tren motor 2017. Tenaganya dari aki berkekuatan 60 volt. Kalau dicas dalam keadaan baterai kosong atau nol persen, maka butuh waktu sekitar 6-8 jam pengecasan," ujar Elizabet, Marketing Manager di Magnum Molis Indonesia, penyedia motor listrik di Batam, Senin (9/10/2017).

Motor yang menggunakan tenaga aki ini dapat berjalan hingga 80 km. Kecepatannya bisa 60 km/jam.
Elizabet menambahkan, jika dikalkulasikan, pengecasan full hingga dapat menempuh 80 km, tarif PLN yang dikeluarkan sekitar Rp2.000.

Dibandingkan dengan minyak fosil (misalnya premium) yang satu liternya Rp 6.500 dengan jarak tempuh yang sama, maka kamu bisa jauh lebih hemat.

Kelebihan lain yang didapat tentu saja motor listrik ramah lingkungan dan bebas dari polusi udara dan suara. Selain itu, motor listrik ini menggunakan ban tubeless sehingga aman saat terkena paku atau benda runcing lainnya.

“Kalau kena paku, ya tinggal dibawa ke bengkel biasa untuk cabut pakunya,"ujar Elizabet.

Ban tubeless ini memang lebih tahan bocor dan karakternya berbeda dengan ban karet yang lunak dan langsung kempes jika terkena paku.

Namun begitu, pengguna ban tubeless perlu melakukan pemeriksaan secara berkala karena jika lama dibiarkan setelah terkena paku maka akan merusak steel belt-nya.

Karena hanya bisa dibawa dengan kecepatan 60 km/jam, para penggunanya memang tidak bisa mengendarai dengan kecepatan tinggi. Selain itu, kamu harus intens melihat ketersediaan tenaga akinya agar tidak mati di tengah jalan.

Untuk kapasitas, motor listrik ini mampu membawa beban maksimal 150 kg. Soal perawatan, kamu bisa mencuci motor listrikseperti motor pada umumnya.

Motor ini juga dilengkapi dengan media entertainment untuk mendengarkan lagu dari bluetooth atau flashdisk. Beberapa tipe motor listrik dilengkapi dengan klakson bernada telolet. (*)

Tips Merawat Motor Listrik
1. Agar aki motor awet, saat baterai motor tinggal 20 persen, sebaiknya langsung dicas sampai penuh.
2. Pengecasan bisa dilakukan sepanjang malam agar siap digunakan pada pagi hingga sore hari.
3. Membersihkan bodi motor yang harus dicuci tetapi cukup dilap pakai kain. Jika harus mencucinya, gunakan sampo motor pada bagian yang kotor saja.
4. Jika motor dalam kondisi kotor, bisa mencucinya layaknya motor biasa.
5. Servis motor paling sedikit tiga bulan sekali agar pengecekan mesin hingga bagian-bagian motor lainnya bisa dilakukan secara rutin.

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help