TribunBatam/

BATAM TERKINI

Ingin Batam Bebas Banjir, Pemko Bakal Bangun Ribuan Kilometer Drainase. Sekarang Sampai Tahap Ini

Kegiatan normalisasi tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan dan sifatnya memutar. Setelah satu titik selesai, dilanjutkan ke titik lainnya.

Ingin Batam Bebas Banjir, Pemko Bakal Bangun Ribuan Kilometer Drainase. Sekarang Sampai Tahap Ini
TRIBUN BATAM/IAN PERTANIAN
Pemko Batam mengerahkan dua unit alat berat untuk membuat drainase di pinggir jalan Putri Hijau, Rabu (3/5/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengungkapkan, upaya Pemko Batam melakukan normalisasi saluran drainase dengan mendatangkan alat berat, dinilai cukup efektif mengurangi titik banjir yang ada di Batam.

Beberapa bulan terakhir ini, Pemerintah Kota Batam memang bekerja keras untuk menyelesaikan persoalan banjir. Biasanya, hanya beberapa menit diguyur hujan deras, sejumlah titik lokasi di Batam sudah digenangi air.

"Dengan normalisasi, secara umum sudah berkurang titik banjirnya," kata Yumasnur, Senin (9/10/2017) di Batam Center.

Dia melanjutkan, semula titik banjir di Batam berjumlah 57 titik. Dan kini, 29 di antaranya sudah bisa ditangani. Selebihnya masih dilakukan penanganan hingga saat ini.

"Kami usaha maksimal untuk menghilangkan banjir. Tak bisa juga kami targetkan tahun 2018 Batam akan bebas banjir, tapi ya tetap kami upayakan ke arah itu," ujar dia.

Upaya penanganan titik banjir saat ini, lanjut Yumasnur, memang disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang ada di Pemko Batam. Mereka punya rencana membangun drainase sepanjang ribuan kilometer untuk memperlancar aliran air.

"Tapi itu anggarannya besar. Program Pemko saat ini, beli alat berat, kita lakukan normalisasi. Buka selebar-lebarnya," kata Yumasnur.

Baca: TERUNGKAP! Sy, Anak di Bawah Umur Baru Seminggu di Sintai. Ini Tugasnya

Baca: BREAKINGNEWS. Gerebek Sintai, Polisi Amankan 4 Wanita di Bawah Umur

Baca: TERUNGKAP! Masih Ujicoba, Ternyata Ini Penyebab Lift Pelabuhan Punggur Macet

Halaman
12
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help